Wali Kota Ternate Resmi Lengserkan Jusuf Sunya dari Jabatan Sekda, Ini Penggantinya

Wali Kota M. Tauhid Soleman saat lantik Abdullah M. Saleh sebagai Sekda Kota Ternate, Senin 11 September 2023.(Istimewa).
Wali Kota M. Tauhid Soleman saat lantik Abdullah M. Saleh sebagai Sekda Kota Ternate, Senin 11 September 2023.(Istimewa).

Beritadetik.id – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman resmi melengserkan Jusuf Sunya dari  jabatan Sekretaris Daerah (Sekda).

Sebagai gantinya, Wali Kota melantik Abdullah M. Saleh untuk mengisi posisi jabatan sebagai Plt Sekda Ternate.

Abdullah M. Saleh sendiri tercatat menduduki jabatan definitif sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate.

Bacaan Lainnya

Dalam pelantikan ini, Jusuf Sunya dirotasi ke posisi sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

Pelantikan dan pergantian ini dipimpin langsung oleh Wali Kota M. Tauhid Soleman, di Aula Kantor Walikota Ternate, Senin (11/09/23).

Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman menyampaikan, pergantian Sekda ini dilakukan berdasarkan hasil uji kompetensi.

Menurutnya kinerja seorang pejabat tidak hanya dinilai berdasarkan hasil kerja tapi juga perilaku kerja yang menjadi indikator penting dalam penilaian sasaran kerja pegawai.

“Yang menjadi Plt Sekertaris Daerah itu Abdullah Hi M. Saleh. Suratnya sudah ada,”katanya.

Menurutnya, selaku pejabat pembina kepegawaian, pihaknya merasa perlu untuk melakukan koreksi apabila ada hal-hal yang tidak sejalan.

“Rotasi adalah hal yang biasa dilakukan, tetapi esensi dari pelantikan bukan hanya pergantian orang, tetapi juga perbaikan kualitas kerja untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas,”ujar Tauhid.

Ia menambahkan pelantikan yang  dilakukan karena ada yang pensiun. Paling penting ini adalah bagian dari penyegaran untuk pengembangan karir seorang PNS.

Ia mengaku, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini merupakan kewajaran dari sebuah dinamika kehidupan organisasi, guna pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan.

“Tidak ada hal yang lain bahwa dinamika ini lebih diutamakan untuk pemantapan peningkatan kinerja dan mutu, serta kualitas yang lebih baik di Kota Ternate,”cetusnya

Sementara itu, Jusuf Sunya paska melepaskan jabatannya sebagai Sekretaris Daerah mengatakan dalam pergantian ini hal yang biasanya saja.

“Saya rasa paska menjabat sebagai Sekda 3,5 tahun amanah itu saya suda menjaganya dengan baik. Nantinya orang yang menilai kinerja seperti apa,”pungkasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *