Distan Ternate Serahkan 8 Unit Mesin Cultivator Ke Kelompok Tani

Kadis pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly saat menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di Kota Ternate.(Istimewa).
Kadis pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly saat menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di Kota Ternate.(Istimewa).

Beritadetik.id — Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pertanian menyalurkan bantuan mesin Cultivator sebanyak 8 unit kepada 8 Kelompok Tani di 4 Kecamatan Kota Ternate, Rabu (6/9/2023).

Delapan kelompok tani penerima bantuan tersebut tersebar di  Kecamatan Ternate Barat, Ternate Utara, Ternate Tengah dan Pulau Ternate.

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly mengatakan bantuan Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pertanian ini diserahkan bersamaan dengan acara launching implementasi aksi perubahan Pengembangan Agrowisata Hortikultura (Pagar Horti) yang digagas oleh Project Leader Ir. Sofyan Abbas.

Bacaan Lainnya

“Selain bantuan mesin Cultivator, Distan Ternate juga serahkan bantuan profil tank 54 unit tersebar di 8 Kecamatan, polynet (kofo) 100 rol tersebar di 8 Kecamatan, mulsa 30 rol, dan bibit sayur-sayuran 59 paket serta saprodi yang di kasih ke kelompok yang tersebar di 8 kecamatan,”jelas Kadis.

Dari bantuan itu, lanjut Thamrin, bagi Dinas Pertanian masih kurang karena tidak semua kelompok yang mendapatkan bantuan yang ada. Karena itu Pemkot fokus pada kelompok yang aktif.

“Kita berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara baik dan secepatnya harus dilakukan penanaman, karena bertepatan dengan musim tanam,”ujarnya.

Dikatakan untuk bantuan mesin Cultivator, diharapkan mengurangi beban para petani, sebab selama ini kebanyakan petani masih menggunakan cangkul atau alat manual.

Dia menjelaskan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kota, melalui Dinas Pertanian ini sendiri bersumber dari APBD tahun 2023 dengan nilai Rp 214 juta.

Sembari menambahkan total kelompok tani di Kota Ternate yang aktif sebanyak 225 kelompok. Dan yang mendapatkan bantuan di tahun 2023 ini sebanyak 85 kelompok.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *