Tiga Kecamatan di Ternate Dapat Program BSPS, Nilainya Mencapai Rp 2,4 Miliar

Program BSPS untuk Kecamatan Ternate Selatan, Moti dan Pulau Hiri.(Foto Istimewa).

Ternate, beritadetik.id – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara mengalokasikan Anggaran Rp 2,4 miliar untuk Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk tiga Kecamatan di wilayah Ternate.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Ternate, Sukarjan Hirto mengatakan, program BSPS di 3 kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Moti, Hiri dan Ternate Selatan.

“Program ini untuk tiap kecamatan hanya satu kelurahan saja yang mendapat bantuan tersebut,”ucap Sukarjan, Senin 6 Juni 2022.

Bacaan Lainnya

 

 

Untuk Kecamatan Pulau Hiri ditetapkan Kelurahan Togolobe sebagai penerima bantuan, sedangkan Kecamatan Moti yakni Kelurahan Tafamutu, sedangkan untuk Kecamatan Ternate Selatan yaitu kelurahan Sasa.

Bantuan stimulan perumahan ini  sebanyak 15 unit rumah swadaya jadi total semua 45 unit terbagi 3 kecamatan dan anggaran yang akan disalurkan itu sebesar 40 juta lebih per unit rumah.

 

 

“Rp 40 juta ini anggaran dari dana sering ada juga dana APBD dari DAK 1,2 miliar dan APBN 1,2 miliar. Jadi Totalnya  sekitar Rp 2,4 miliar,”jelas Sukarjan.

Terkait proses pelaksanaan program ini sendiri, pihaknya masih menunggu klasifikasi dari pihak PUPR terkait persyaratan teknis yang disiapkan.

 

 

“Program ini difokuskan pada  masyarakat kategori ekonomi lemah, karena itu proses verifikasi penting dilakukan secara cermat agar program benar-benar tepat sasaran,”ujarnya.

Lanjut Sukarjan, dari proses verifikasi yang dilakukan untuk 3 Kecamatan penerima bantuan tersebut, tersisa Kecamatan Moti yang belum difinalisasi sementara yang dua kecamatan lainnya sudah tuntas.(ian/red).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *