Program Ketahanan Pangan Desa Gorugo Morotai Akhirnya Direalisasi

Pemerintah Desa (Pemdes) Gorugo Kecamatan Morotai Jaya, Kabupaten Pulau Morotai, merealisasikan bantuan perahu ketinting kepada nelayan, Senin 10 Juni 2024.(Foto : M. Bahrul Kurung/beritadetik.id).
Pemerintah Desa (Pemdes) Gorugo Kecamatan Morotai Jaya, Kabupaten Pulau Morotai, merealisasikan bantuan perahu ketinting kepada nelayan, Senin (10/6).

Beritadetik.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Gorugo Kecamatan Morotai Jaya, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, resmi memberikan bahan ketahanan pangan kepada masyarakat setempat, Senin (10/6).

Anggaran ketahanan pangan diprioritaskan untuk tiga sektor, yakni Pertanian, Perikanan dan Peternakan tersebut bersumber dari APBDesa sebesar Rp 140 juta.

Kepala Desa Gorugo, Rusman Seng saat di konfirmasi beritadetik.id mengatakan, anggaran ketahanan pangan ini diprioritaskan pada tiga sektor, yaitu pertanian, perikanan, dan peternakan.

Bacaan Lainnya

Ketiga sektor itu kata Rusman, untuk pengadaan di sektor pertanian dengan membeli bibit padi dan mesin penggilingan padi.

Sedangkan untuk sektor perikanan pengadaannya Perahu 6 unit yang ukurannya 1 GT dilengkapi dengan alat tangkap nelayan seperti perahu dan lainnya.

Setelah pengadan sektor pertanian dan perikanan, pihak juga akan melakukan pengadaan bibit peternakan ayam kampung bagi masyarakat yang punya kemampuan dalam budidaya peternakan.

“Meskipun anggaran ketahanan pangan kami kecil beber dia, tetap kami mengupayakan agar anggaran tersebut bisa terealisasi ke dalam tiga sektor dan di nikmati oleh masyarakat di desa,”katanya.

Dia bilang, untuk penyerahan perahu ketinting 6 unit telah diserahkan ke pada masyarakat nelayan dan sekarang sudah beroperasi hasilnya juga di nikmati masyarakat.

“Masyarakat yang sudah menerima bantuan dari Pemdes agar dapat dijaga dan dirawat karena dengan adanya aset tersebut sangat membantu kita dalam peningkatan produktifitas dan ini juga bagian dari penyediaan lapangan kerja,”harapnya.(ul/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *