Dibuka Sekprov Maluku Utara, Peserta PTQ RRI Ternate Siap Unjuk Bakat

Sekretaris Daerah (Sekprov) Maluku Utara, Syamsuddin Abdul Kadir saat membuka cera resmi pelaksanaan PTQ yang berlangsung di auditorium RRI Ternate, Jumat (15/3/2024).
Sekretaris Daerah (Sekprov) Maluku Utara, Syamsuddin Abdul Kadir saat membuka cera resmi pelaksanaan PTQ yang berlangsung di auditorium RRI Ternate, Jumat (15/3/2024).

Beritadetik.id – Pemerintah Provinsi Maluku Utara memberikan apresiasi kepada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di seluruh Indonesia termasuk Ternate karena telah menyelenggarakan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke-54 Tahun 2024.

Hal ini dikemukakan langsung Sekretaris Daerah (Sekprov) Maluku Utara, Syamsuddin Abdul Kadir usai membuka cera resmi pelaksanaan PTQ yang berlangsung di auditorium RRI Ternate, Jumat (15/3/2024).

LPP RRI menurut Sekprov, selalu masuk dalam berbagai aspek terutama keagamaan dan ini merupakan terobosan penting yang memiliki nilai sangat positif.

Bacaan Lainnya

“Sebagai ketua LPTQ sekaligus pemerintah dirinya menyampaikan terimakasih kepada LPP RRI yang telah menyelenggarakan PTQ RRI dalam momentum bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah 2024.

“Kegiatan ini tentu mendapat nilai double karena selain mendapat nilai, para peserta juga mendapat nilai pahala sehingga tetap mendapat keberkahan,” katanya.

Orang nomor tiga dilingkup Pemprov Maluku Utara ini juga mengemukakan, jumlah peserta untuk PTQ tahun 2024 tahun ini cukup meningkat dari tahun sebelumnya.

Bahkan dirinya juga menargetkan agar PTQ RRI Ternate, ke depan juga ada dukungan dari masing-masing pemerintah daerah di 10 Kabupaten dan Kota dengan mengirimkan keterwakilan masing-masing.

“Ini juga butuh sosialisasi, karena partisipasi dari pemerintah Kabupaten dan Kota untuk mengirimkan utusannya dan berbagai pihak untuk menyiapkan sarana yang lengkap yang disesuaikan dengan jumlah peserta,” tuturnya.

Atas nama pemerintah Provinsi Maluku Utara Sekda juga berharap kepada masing-masing peserta yang keluar sebagai juara dan mewakili Provinsi ke tingkat Nasional yang diselenggarakan di Jogja untuk memberikan yang terbaik dengan persiapan yang matang.

“Ada dua faktor dalam perlombaan, yaitu faktor teknis dan non teknis, dan banyak orang yang gugur karena faktor non teknis, faktor non teknis itu tidak ada kaitan dengan keahlian tapi ada beban-beban menjadi faktor setiap peserta, sehingga kita berharap faktor ini dilepaskan bagi peserta yang mewakili RRI Ternate ke tingkat Nasional,” harapnya.

Sementara itu Kepsta RRI Ternate, Dadan Sutaryana dalam sambutannya juga memberikan apresiasi atas dukungan pemerintah Provinsi dan berbagai pihak yang telah mendukung sehingga pelaksanaan PTQ ke-54 dapat terselenggara.

“Terimakasih kepada Pemprov yang telah menyediakan video tron untuk pelaksanaan PTQ di Sofifi, ibu kota Provinsi Maluku Utara,” akunya.

Dadan meyakini, dengan profesionalisme yang dimiliki dewan hakim, peserta PTQ RRI Ternate tahun ini bisa masuk pada 10 besar ditingkat Nasional.

“Siapapun yang menjadi utusannya, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Provinsi Maluku Utara,” harap Dadan.

Sebelumnya, Katua Panitia PTQ RRI Ternate ke-54, Wahyuddin Yahya dalam laporannya mengatakan, PTQ tahun ini membuka 3 kategori lomba yakni tilawah, Tausiah, Tilawah, Tahfidz Qur’an, dan Tartir Qur’an Difabel Sensorik Netra yang diselenggarakan selama 3 hari ke depan yang terhitung sejak tanggal 15 hingga 17 Maret 2024.

Tujuan dari PTQ ini menurutnya, sebagai wujud peran serta RRI dalam turut berkontribusi melaksanakan syiar Islam, khususnya di bulan suci Ramadhan untuk melakukan pembinaan mental spiritual umat islam, meningkatkan kemampuan membaca, memahami dan mendalami kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman dalam implementasi kehidupan sehari-hari.

Jumlah peserta PTQ RRI Ternate ini sebanyak 71 peserta dengan rincian, cabang Tilawah berjumlah 32 orang terdiri dari, 21 Qori dan 11 Qoriah, Tausiah berjumlah 27 orang terdiri dari, 9 orang Mubaligh dan 16 orang Mubaligah, cabang Tahfidz Quran berjumlah 12 orang terdiri dari, 10 Hafizd dan 2 Hafizdah.(red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *