Gunung Ibu di Halmahera Barat Kembali Meletus, Tinggi Kolom Abu Capai 800 Meter

Beritadetik.id – Gunung Ibu yang berlokasi  di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara kembali kembali erupsi, Senin, 5 Februari 2024.

Gunung tersebut mengalami Erupsi dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 1 menit 8 detik tersebut terjadi sekitar pukul 11.29 WIT.

Gunung api bertipe stratovolcano tersebut kini berstatus level II atau Waspada.

Bacaan Lainnya

Tinggi kolom abu teramati erupsi Gunung Ibu itu sekitar 800 meter di atas puncak atau 2.125 mdpl. “Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat,” ucap Plt. Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid, Senin 5 Februari 2024.

Sebelumnya, menjelang tengah malam, Ahad, 4 Februari 2024, gunung dengan ketinggian mencapai 1.325 mdpl tersebut mengalami erupsi pada pukul 23.56 WIT. Tinggi kolom abu letusan teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat.

Wafid mengimbau agar masyarakat sekitar Gunung Ibu juga pengunjung atau pendaki tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung dan mulut atau masker juga kacamata,” kata Wafid.

Berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, sejak Januari 2024, Gunung Ibu sudah meletus sebanyak 26 kali.(red/*).

***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *