Kehadiran IWIP Tingkatkan Pendapatan Usaha Speedboat dan UMKM

Beritadetik.id — Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, dua tahun terakhir ekonomi Provinsi Maluku Utara (Malut) bertumbuh di atas 20 persen.

Pertumbuhan jauh di atas rata-rata nasional ini dikontribusikan oleh beroperasinya pertambangan dan industri nikel, termasuk PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) yang mengelola Kawasan Industri di Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Dampak ekonomi bisnis dan operasi IWIP bahkan hingga ke tingkat mikro, seperti sektor transportasi laut yang langsung dirasakan oleh pengusaha speed boat penyeberangan ke dan dari Pelbuhan Loleo.

Bacaan Lainnya

Ketua Koperasi Piston Loleo Mandiri yang menghimpun tak kurang dari 51 speed boat rute penyeberangan Loleo-Tidore dan Loleo-Ternate, Ibrahim Ade, mengungkap fakta dan pengalamannya berkenaan dengan dampak positif yang digerakkan oleh IWIP.

Menurut Ibrahim (50 tahun), yang puluhan tahun telah menekuni aktivitas penyeberangan orang dan barang dengan speed boat, pendapatannya dan rekan-rekan berubah sangat signifikan saat IWIP beroperasi dan pihaknya mulai bekerja sama dengan Organda Halteng.

”Sebelum ada IWIP, kami hanya memiliki satu jalur, yaitu Loleo-Tidore. Setelah ada IWIP, rute Loleo–Ternate juga dibuka untuk menampung peningkatan jumlah penumpang yang sebagian besar adalah karyawan IWIP,” ungkapnya.

‘Ibrahim menegaskan, ‘situasinya sangat berbeda sebelum dan setelah IWIP beroperasi. Dulu, dalam sehari ada speed boat yang tidak mendapat giliran berlayar karena penumpang kosong. Sekarang, saking banyaknya penumpang, kita kadang justru kekurangan armada.’

Layanan dari 51 armada Koperasi Piston Loleo Mandiri setiap hari dibagi dalam 3 shift. 17 armada shift pertama bertugas melayani rute Loleo–Tidore, 17 armada shift B melayani penumpang Loleo- Ternate, sedang shift C libur. Hari berikutnya, shift tersebut akan di-rolling, sehingga ada shift yang mendapatkan waktu istirahat.

Namun, papar Ibrahim, seringkali karena lonjakan penumpang, manajemen koperasi terpaksa meminta bantuan armada shift C untuk tetap beroperasi beroperasi.

”Kedatangan kapal dari Manado dan Ternate selalu menjadi saat di mana jumlah penumpang akan meningkat pesat,” katanya.

”Hari-hari padat seperti itu membuat satu speed boat bisa sampai empat kali berlayar. Jika misalknya dikalikan dengan harga tiket Loleo– ernate dan kapasitas speed boat, maka dalam sehari omzetnya bisa mencapai Rp5 juta lebih,” papar Ibrahim.

Meningkatnya penumpang di rute ke dan dari Pelabuhan Loleo karena bisnis dan operasi IWIP, meluaskan dampak ekonominya tidak hanya pada pengusaha speed boat.

Ia mengatakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar Pelabuhan Loleo saat ini juga turut menikmati perkembangan yang menggembirakan.

Sembari menegaskan, dengan adanya IWIP, penumpang ramai, akhirnya pengusaha kecil di sekitar pelabuhan juga merasakan dampak.

“Mudah-mudahan IWIP bisa terus berjalan. Karena dengan adanya PT IWIP, masyarakat bisa membiayai hidup keluarga,”tandasnya.

***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *