PLN UIW MMU Sukses Hadirkan Listrik Andal Sepanjang Acara Hari Nusantara 2023 di Tidore

Arahan langsung dari General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula kepada petugas teknik yang melakukan siaga Genset dilapangan dalam rangka Hari Nusantara 2023 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore
Arahan langsung dari General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula kepada petugas teknik yang melakukan siaga Genset dilapangan dalam rangka Hari Nusantara 2023 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore

Beritadetik.id – Pagelaran Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara selama empat hari berjalan meriah dan sukses.

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate menghadirkan listrik tanpa kedip di peringatan hari lahirnya Deklarasi Juanda itu.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyebutkan, sesuai dengan komitmen PLN dalam pelaksanaan tugasnya, memasok listrik yang aman dan andal selama pagelaran tahunan itu sejak awal pelaksanaannya pada 10 hingga puncak acara di 13 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Kata dia, pagelaran nasional ini menjadi tanggung jawab bersama. Di tingkat daerah, PLN UIW MMU telah mempersiapkan sedari jauh dukungan pasokan energi listrik yang mumpuni agar pagelaran tersebut berlangsung lancar dan sukses tanpa kedip sedikitpun.

“Apresiasi sebesar-besarnya kepada petugas PLN UP3 Ternate yang telah siagakan personel dan pasokan listrik selama empat hari ini. Alhamdulillah, event nasional ini bisa berjalan tanpa ada gangguan kelistrikan,” sebut Awat.

Awat berharap, pasukan yang solid dengan fasilitas sistem kelistrikan yang andal ini mampu dipergunakan pada event penting lainnya di wilayah kerja PLN UIW MMU ke depannya.

Masyarakat yang menyaksikan dan menikmati setiap momennya juga menjadi sesuatu yang tidak terlupakan, dan menjadi harapan baru bagi mereka untuk terus meningkatkan potensi kelautan di daerah Maluku dan Maluku Utara.

Adapun untuk menyukseskan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore ini, PLN UP3 Ternate mempersiapkan delapan posko siaga yang tersebar di Ternate dan Tidore.

Posko-posko ini dilengkapi dengan 216 personel, bersamaan dengan 7 unit Genset dengan kapasitas masing-masing 10 kW, 40 kW, 100 kW dan 250 kW.

Selain itu sejumlah fasilitas kelistrikan, baik itu di lokasi kegiatan maupun Unit Pembangkit, Control Center, Gardu Induk, Gardu Hubung dan Sistem Pendukungnya, seperti (Uninteruptable Power Supply) UPS dan Genset telah standby pun diturunkan.

“PLN UP3 Ternate telah menyiapkan tenaga maupun kelengkapan ketenagalistrikan untuk mensupport acara skala nasional ini. Kami sigap melakukan briefing sebelum rangkaian acara dimulai dan mempersiapkan segala sesuatu yang ada, baik dari peralatan kelistrikan, SOP, perlengkapan kerja hingga semua unit posko dipastikan aman dan siap. Keandalan adalah hal utama dalam komitmen kami, sehingga kami pastikan acara ini dapat berjalan sesuai harapan kita semua,” ucap Manager UP3 Ternate, Kurniawan Fitrianto.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menetapkan peringatan Hari Nusantara 2023 dipusatkan di Kota Tidore, kepulauan Maluku Utara.

Hari Nusantara 2023 mengangkat tema bertajuk “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah.”

Tema ini mengandung harapan agar posisi Tidore sebagai tempat pemusatan peringatan Hari Nusantara bisa kembali terangkat.

Diketahui, Tidore dikenal sebagai pusat rempah-rempah seperti cengkeh pada dekade 60-70an.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim berharap, ke depannya Tidore dapat berkembang dari sisi infrastrukturnya, baik darat, udara maupun laut. Sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

“Kami harap Pemerintah Pusat dapat mendukung semua ini. Kami terus membangun ekonomi melalui pengembangan pariwisata sehingga Tidore dapat semakin berkembang dan semoga ke depannya Tidore dapat dijadikan kawasan strategi pariwisata Nasional oleh Pemerintah Pusat,” ucapnya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *