Aplikasi E-Rempah Milik Pemkot Ternate Dilirik Sejumlah Daerah di Maluku Utara 

Rizal Marsaoly.(Istimewa).
Rizal Marsaoly.(Istimewa).

Beritadetik.id – Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menyebut aplikasi e-Rempah yang digagas bakal diadopsi sejumlah daerah Kabupaten/kota di Maluku Utara.

“Aplikasi e-rempah yang di gagas Bappelitbangda untuk mengukur LKPJ dan visi-misi kepala daerah sudah ada yang dilirik beberapa daerah, seperti Provinsi Malut, Halmahera Utara dan Kepulauan Sula,”ungkap Rizal.

Dia mengatakan, aplikasi e-rempah ini bukan menyentil RKPJ akan tetapi e-rempah untuk mengukur kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan visi misi kepala daerah yang sudah di susun di RPJMD.

Bacaan Lainnya

“Aplikasi E-rempah ini juga mampu mengukur laporan LKPJ tahunan dan LKPJ di akhir masa jabatan,”sambung Rizal Marsaoly, Senin (25/7/23).

Dijelaskan aplikasi e-rempah juga mengukur baik dan tidak program dan visi-misi kepala daerah bisa di lihat saat di lapangan saat evaluasi dan monitoring.

Dia menyebutkan, aplikasi ini mampu memberikan informasi total pagu anggaran terhadap keberpihakan 8 misi Ternate Mandiri dan Berkeadilan dan juga realisasi dari penggunaan APBD.

“Bukan hanya itu, keberpihakan APBD tiga kecamatan terluar seperti Hiri, Moti dan Batang Dua juga bisa ikut terpantau lewat aplikasi ini,”ujarnya.

Dijelaskan, Aplikasi ini bisa dilihat ketika proses penginputan, sebab didalam Permendagri itu dibuat sistim pelayanan sub bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya.

“Saat penyampaian APBD 2024 kemarin itu ada dua penguatan yaitu industrialisasi sampah dan Air bersih hal ini sangat nampak di monitoring lewat aplikasi e-rempah,”jelas Rizal.

Karena inovasi ini sangat posting maka pihaknya sudah sampaikan di ke Bappeda Provinsi Maluku Utara dan kabupaten lainnya di Malut.

“Yang pastinya lewat aplikasi e-rempah ini sangat mempermudah pemerintah untuk melakukan monitoring visi dan misi kepala daerah,”pungkasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *