Disdik Kota Ternate Minta Orangtua Awasi Anak Jelang Ujian Sekolah

Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate.(istimewa).
Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate.(istimewa).

Beritadetik.id – Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pendidikan menetapkan pelaksanaan Ujian Sekolah untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 8 Mei tahun 2023.

Ketua Panitia Ujian Nasional, Ruslan Mustafa mengatakan dalam menjelang ujian tersebut para orang tua perlu mengawasi anak-anak mereka.

“Imbauan kami kepada orang tua atau wali murid, dalam menghadapi ujian sekolah yang akan dilaksanakan 8-11 Mei 2023, agar supaya mengarahkan anak-anak untuk fokus belajar,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan persiapan ujian tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2022-2023 khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Ternate sudah di atas 80 persen.

“Tinggal 10 persen persiapan, seperti SK pengawas ruangan ditambah dengan SK pengawas monitoring serta juknis yang belum dibagi, selebihnya sudah mantap,”katanya.

Ia menjelaskan terkait kesiapan jadwal semua sudah lengkap, karena walaupun ada Permendiknas tahun 2019 kemudian dilanjutkan 2020 sampai 2021 itu tetap ujiannya dikembalikan ke sekolah.

Ruslan menyebutkan pelaksanaan ujian kali ini pihak sekolah diberikan kewenangan penuh untuk diberikan penilaian untuk menentukan kelulusan peserta ujian.

“kita dari dinas hanya menerima hasil ujian, yang menentukan siswa itu lulus atau tidak adalah kewenangan sekolah,”terang dia.

Bukan hanya itu, penyusunan soal terus penggandaan itu adalah dikembalikan ke sekolah masing-masing dengan adanya lewat MKKS maupun K3S.

Sementara jumlah pelaksanaan untuk SMP di kota Ternate kurang lebih 30 sekolah yaitu 15 SMP negeri dan 15 SMP swasta,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ruslan menguraikan jumlah sekolah SMP yang akan melaksanakan ujian sebanyak 30 sekolah.

Jumlah tersebut terdiri dari 23 sekolah berada di Pulau Ternate, 3 sekolah di Kecamatan Moti, 1 sekolah Pulau Hiri dan 3 sekolah di kecamatan Batang Dua.

Selain itu untuk SD ada 112 sekolah negeri/swasta tapi yang melaksanakan ujian baru 111 sekolah karena satu kemarin baru diresmikan.

“Untuk jumlah peserta ujian tingkat SD maupun SMP sudah terdaftar 8355, sebanyak 6.453 siswa/siswi jadi rincian untuk SD 3.277 siswa terus SMP 3.178 siswa,”tandasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *