Raja TikTok di Kolombia Berpeluang Jadi Presiden

Rodolfo Hernandez

Rodolfo Hernandez yang dikenal sebagai Raja TikTok berpeluang menjadi presiden Kolombia setelah ia lolos pada putaran pertama pemilihan umum dengan meraih 28,2 persen suara pada Minggu (29/5/2022).

Hernandez, yang sudah berusia di atas 70 tahun dan adalah pengusaha sekaligus politikus, mengejutkan Kolombia saat mengumumkan maju dalam pemilihan presiden yang akan digelar pada 19 Juni mendatang. Ia akan menantang calon presiden Gustavo Petro dari partai sayap kiri dalam pemilu Kolombia.

Mantan Wali Kota Bucaramanga itu berkampanye dengan pesan utama antikorupsi. Di putaran pertama ia berhasil mengalahkan salah satu kandidat favorit, Federico Gutierrez.

Meski demikian para pengamat meyakini bahwa Petro berpeluang lebih besar untuk menang. Ia meraih 40,3 persen suara di pemilu putaran pertama.

Beberapa survei menunjukkan bahwa Hernandez, yang kini memperoleh dukungan Gutierrez, hanya akan tertinggal beberapa poin di bawah Petro dalam pemilihan presiden.

“Kita telah mencetak sejarah. Hasil ini telah mengguncang pondasi kekuasaan korup dari semua pemerintahan yang berkuasa,” tulis Hernandez di Facebook.

Membawa pesan antikorupsi, nama Fernandez sendiri tidak bersih juga. Ia sedang diperiksa oleh kejaksaan karena diduga terlibat dalam tender proyek sampah, proyek yang dimenangkan oleh perusahaan sokongan puteranya.

Ia juga pernah memicu kontroversi karena dalam sebuah wawancara radio mengaku memuja Adolf Hitler; serta pernah memukul dan memaki seorang penasehat kota.

Hernandez dikenal oleh publik Kolombia berkat aksinya di media sosial, terutama TikTok. Ia pernah tampil di atas motor listrik di TikTok dan mendapat sambutan hangat dari publik.***

20221110_121508

Pos terkait

IMG_20221108_205434

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *