Oknum Security PT NHM Hadang Wartawan saat Peliputan

Gelar Aksi Protes Oleh Sejumlah Wartawan, Halmahera Utara, Maluku Utara. Foto: (Istimewa).

Halut, beritadetik.id – Salah satu Wartawan media online SiberMalut.Com, Iman Alfandy dihalangi oleh oknum anggota security PT. NHM saat mengawal kunjungan Kapolsek Kecamatan Malifut, Halmahera Utara ke lokasi Tambang Rakyat Gosowong (TRG), Jumat, (26/03/2022) kemarin.

Iman Alfandy yang berstatus jurnalis SiberMalut.com biro Halmahera Utara itu mengaku, bahwa dirinya mendapat tindakan yang tidak menyenangkan dari security PT.NHM yang bernama Antoni saat berada di lokasi Tambang Rakyat Gosowong, Wilayah Malifut, Halmahera Utara, pada hari Jumat kemarin, sekira pukul 15.00 Wit.

“Security PT.NHM Antoni, mengusir saya saat bersama Kapolsek tiba di lokasi Tambang Rakyat Gosowong. Dalam tindakan itu, Antoni beralasan bahwa pimpinan sekurity melarang wartawan untuk berada di lokasi Tambang Rakyat Gosowong, “jelas Imam kepada beritadetik.id, Saptu, (26/03/2022).

Bacaan Lainnya

Dikatakan, dirinya dalam agenda pengawalan bukan baru pertama kali, melainkan sudah berulang kali mengawal Kapolsek saat memonitoring situasi dan kondisi di areal lingkar tambang, “ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut Iman, dirinya telah berkordinasi dengan ketua TRG, Boy Humune untuk melakukan peliputan monitoring yang dilakukan oleh Kapolsek Malifut di lokasi tersebut.

“Karena itu, saya diizinkan masuk oleh Ketua TRG untuk melakukan peliputan kegiatan. Dan hal itu juga sudah disampaikan oleh Kapolsek malifut ke Antoni, bahwa saya sudah mendapatkan izin dari Ketua TRG, “jelasnya.

Terpisah, Kapolsek Kecamatan Malifut, Ipda Mifta I Saleh, melalui via telpon membenarkan, bahwa ada sedikit kesalahpahaman antara Wartawan Iman atau kerap disapa Rusmin bersama Security, Antoni.

“Iya benar, ada sedikit salah paham antara wartawan Rusmin dengan security itu. Sehingga saya juga menyuruh kepada wartawan Rusmin untuk meninggalkan lokasi. Dan saya melanjutkan kegiatan di lokasi, namun tidak lama saya juga langsung ikut keluar dari lokasi, “ucap Mifta

Atas tindakan security yang dinilai membatasi kebebasan pers, Rusmin meminta agar oknum security diberikan teguran keras dan dievaluasi kerjanya oleh pihak managemen PT.NHM. (fic/red).

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *