Wacana Sembako Kena Pajak 1 Persen, Rakyat Miskin Siap-Siap Menjerit

  • Whatsapp

Aktifitas Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Gamalama Kota Ternate, Maluku Utara. || Foto : Kia (Beritadetik.id).

Jakarta – Langkah Pemerintah yang berencana mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk sembako, rupanya mendapat penolakan dari berbagai pihak.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, langkah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang telah menyiapkan opsi tarif PPN 1 persen untuk sembako itu hanya akan bertambah menekan daya beli masyarakat terutama yang berekonomi lemah.

“Kebijakan Kemenkeu untuk berlakukan pajak 1 persen ke sejumlah jenis sembako ini langkah yang tidak manusiawi, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, saat daya beli masyarakat sedang turun drastis,”kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, yang dikutip dari Detik.com, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, pengenaan PPN akan menjadi beban baru bagi masyarakat dan konsumen, berupa kenaikan harga kebutuhan pokok. Belum lagi jika ada distorsi pasar, maka kenaikannya akan semakin tinggi.

“Pengenaan PPN pada bahan pangan juga bisa menjadi ancaman terhadap keamanan pasokan pangan pada masyarakat. Oleh karena itu, wacana ini harus dibatalkan. Pemerintah seharusnya lebih kreatif, jika alasannya untuk menggali pendapatan dana APBN,”tambahnya.

Selain itu, beberapa partai politik juga menolak wacana ini, mulai dari Nasdem hingga PPP. Pembeli dan penjual sembako juga melontarkan hal yang sama, menolak sembako kena PPN..(detikfinance/red).

12 BAHAN POKOK YANG BAKAL KENA PAJAK


1. Beras
2. Gabah
3. Daging
4. Jagung
5. Telur
6. Kedelai
7. Gula
8. Sagu
9. Garam
10. Susu
11. Buah-buahan
12. Sayur-sayuran.

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *