Tujuan Sarasehan Istri Wali Kota Se Indonesia di Kota Rempah

Beritadetik.id – Kegiatan Nasional sarasehan Istri Wali Kota Seluruh Indonesia di Ternate, Provinsi Maluku Utara sukses digelar.

Kegiatan ini dibuka Bendahara Umum Dewan Pengurus APEKSI yang juga Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, di Sahid Hotel, Selasa (3/10/2023).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate Marliza M. Tauhid dalam laporannya mengatakan, kegiatan Sarasehan Istri Wali Kota (Rasai Kota) ini dilaksakan dalam rangka untuk menyatukan gagasan dan pengalaman

Bacaan Lainnya

Selain itu pada kegiatan Sarasehan yang ke-2 tahun 2023 menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan mulai dari festival Rasai Kota, kemudian karnaval, gala diner, sampai pada spice tour.

Istri Wali Kota Ternate itu menjelaskan kegiatan ini memberikan dampak besar untuk karir dan profesional bagi seorang Wali Kota.

“Istri Wali Kota Seluruh Indonesia ini, memegang peran dan posisi strategis dalam mengkonsolidasikan kekuatan peran dan sinergitas perempuan dalam bingkai perkotaan,”ungkapnya.

Dikatakannya, kolaborasi kemampuan perempuan adalah bagian yang tidak
terpisahkan dari semangat kepedulian, semangat merangkul sesama.

“Sarasehan kali ini bertajuk RASAI KOTA Perempuan dan Rempah. Dalam bahasa lokal, Rasai berarti memaknai dengan seluruh Panca indera, melihat kota dengan sendi-sendi kolaborasi, mendengar nyanyian tradisi lokal,”katanya.

Selain itu, lanjut dia, bahwa kegiatan ini  selaras dengan tema nasional Penyegaran Dalam Persahabatan, Persatuan Dalam Pengabdian.

“Dari Kota Rempah, kami menyapa para tamu Istri Walikota dari Seluruh Kota di Indonesia dengan hangat dan penuh rasa syukur. Di Kota ini pula, gelaran sarasehan Istri Wali Kota Seluruh Indonesia akan menjadi momentum emas yang penuh kesan,”jelasnya.

Di momentum kegiatan ini pula, selain akan terciptanya jejaring kolaborasi untuk membangun bangsa, juga menjadi ajang promosi seperti budaya, kuliner, pariwisata, expo UMKM.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor yang juga Istri Ketua Dewan Pengurus APEKSI Yane Ardian Racham mengatakan peran serta seorang Istri Wali Kota sangat penting dalam rangka mendukung setiap program dan kegiatan dari Wali Kota.

“Dengan sarasehan ini sebagai sarana untuk kita saling belajar, saling memberi motivasi dan saling menginspirasi. Karena kunci dari semuanya adalah belajar,”sebutnya.

Dikesempatan itu istri Wali Kota Bogor Bima Arya ini juga memberikan motivasi kepada para istri Wali Kota anggota APEKSI yang hadir pada kegiatan Sarasehan tersebut.

Terpisah, Wali Kota Bandar Lampung yang juga Bendahara Umum Dewan Pengurus APEKSI Eva Dwiana mengungkapkan, dengan Sarasehan Istri Wali Kota Seluruh Indonesia ini nantinya dapat jadi momentum berbagi pengetahuan dan pengalaman dari setiap daerah.

“Kepada semua ibu-ibu terus mendukung suaminya sebagai Wali Kota atau kepala daerah,”ujarnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *