Warga Desa Makatian Antusias Sambut Kedatangan Dua Unit PLTD dari PLN

Beritadetik.id – PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Saumlaki berhasil mengangkut dua unit mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Desa Makatian, Kecamatan Wermaktian, Pulau Yamdena, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula menuturkan, PLN terus membangun infrastruktur kelistrikan agar seluruh desa di Indonesia dapat menikmati listrik.

Desa Makatian merupakan bagian dari target implementasi Program Listrik Desa (LISSA).

Bacaan Lainnya

“Upaya kami mewujudkan energi yang berkeadilan di seluruh wilayah kerja kami, terutama untuk menerangi desa-desa yang selama ini belum berlistrik, salah satunya Desa Makatian ini,” tutur Awat, Kamis (10/8/2023).

Dia berharap, dengan adanya aliran listrik, taraf hidup masyarakat Desa Makatian semakin meningkat. Pemanfaatan untuk keperluan rumah tangga, pendidikan, maupun bisnis semakin gencar.

“Kami berharap, listrik ini bisa menunjang semua aktivitas Bapak/Ibu di Makatian. Adik-adik peserta didik juga bisa belajar dengan merdeka menggunakan listrik di malam hari.

Adapun pengangkutan mesin PLTD ini tidak terlepas dari bantuan dan kerja sama masyarakat setempat.

Team Leader Pembangkitan UP3 Saumlaki, Stivano Ang Liesay menyebutkan, banyak tantangan dalam prosesnya, mulai dari melintasi laut dengan fasilitas terbatas. Namun, kerja keras dan ketekunan personel di lapangan, pengangkutan ini rampung juga.

“Ketika mesin terangkat ke kapal kayu, kami menunggu dengan sabar hingga air pasang memungkinkan kapal berlayar dengan aman,” ujar Stivano Ang Liesay.

Setelah sampai di pelabuhan, masyarakat Desa Makatian siap memberikan kontribusi dengan penuh semangat dalam proses pengangkutan menuju lokasi PLTD.

Meskipun peralatan terbatas, dengan semangat yang membara dan energi yang menggelora, masyarakat membantu dalam mengangkat mesin berat tersebut dan memindahkannya dengan hati-hati sampai di lokasi PLTD.

Manager PLN UP3 Saumlaki, Hengky Purbo Lesmono tidak luput memberikan apresiasi mendalam bagi masyarakat Desa Makatian.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Desa Makatian. Kerja keras dan semangat gotong-royong yang mereka tunjukkan dalam menyambut listrik bukan hanya menjadi pendorong bagi kami, tapi juga menjadi inspirasi untuk terus berkomitmen dalam menerangi Indonesia,” ucap Hengky.

Pekerjaan pengangkutan mesin ini adalah bukti nyata bahwa kebersamaan dan semangat untuk mewujudkan perubahan dapat mengatasi segala tantangan.

PLN UP3 Saumlaki dan masyarakat Desa Makatian bergerak bersatu demi masa depan yang lebih cerah dan terang. Dengan kerja keras dan semangat, kita dapat mewujudkan perubahan positif bagi komunitas dan negeri ini.(*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *