Kedokteran Universitas Indonesia Kunjungi Pulau Morotai, Ini yang Dilakukan 

Acara Gala Dinner yang digelar FK-UI di Hotel Molokai Desa Juanga Kecamatan Morotai Selatan, Jum'at (21/07/2023).
Acara Gala Dinner yang digelar FK-UI di Hotel Molokai Desa Juanga Kecamatan Morotai Selatan, Jum'at (21/07/2023).

Beritadetik.id – Pihak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI) melakukan kunjungan di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Kehadiran FK-UI dalam rangka menggelar Closing dan Gala Dinner di Hotel Molokai Desa Juanga Kecamatan Morotai Selatan, Jum’at (21/07/2023).

Hadir dalam acara tersebut Pj Bupati Pulau Morotai Umar Ali, Kadis Kesehatan dr. Julys Giscar Kroons dan Direktur RSUD Ir Soekarno Intan Imelda Engelbert Tan.

Bacaan Lainnya

Dokter Spesialis Jantung RSJPDHK dr. Ade Meidian Ambari, SpJP(K) menyampaikan, kegiatan ini telah memberikan pelatihan peningkatan kompetensi bagi tenaga medis sebanyak 39 orang.

“Sebanyak 43 tenaga medis mengikuti pelatihan Basic Life Sport (BLS) dan juga 36 tenaga medis lain mengikuti perekaman jantung atau Heart Check,”ungkapnya.

Pada masyarakat juga telah diberikan pelatihan penyuluhan dan pemeriksaan jantung sebanyak 50 orang serta 40 personil TNI AU yang diajarkan di dua lokasi yaitu Islamic Center dan Lanud Leo Watimena.

Kemudian sebanyak 507 masyarakat dewasa dan 178 anak-anak di Pulau Morotai dapat pemeriksaan jantung serta 80 orang dewasa mengikuti ecokardiografi atau USG jantung.

90 orang pelajar dari SMA N 1 Morotai mendapatkan penyuluhan dan penyakit jantung, dimana 108 orang peserta keseluruhan dari pengabdian melaksanakan kegiatan pada saat ini.

“Kami berharap bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat saat ini dapat memberikan dampak yang positif dirasakan oleh masyarakat Morotai dalam jangka yang panjang,”akunya.

Dikatakan, departemen kardiologi vaskular universitas Indonesia bersama mitra penyeimbang telah membangun sistem pompa air bersih di Desa Waringin.

Dr. Ade Meidian Ambari menambahkan, sampai hari ini sumber air bersih telah dapat didistribusikan kepada 135 KK di Desa Waringin Kecamatan Morotai Selatan.

Ia juga melaporkan dari pemeriksaan jantung di beberapa pasien memang punya penyakit, walaupun itu kita akan full up sebaiknya yang seperti dilakukan.(ul/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *