Tampil di MNC News, Pj Bupati Ulas Program Pembangunan Ekonomi Halmahera Tengah

Pj Bupati Ir. Ikram M Sangadji mengulas program pembangunan ekonomi Halmahera Tengah lewat MNC News Today, Senin 26 Juni 2023.
Pj Bupati Ir. Ikram M Sangadji mengulas program pembangunan ekonomi Halmahera Tengah lewat MNC News Today, Senin 26 Juni 2023.

JAKARTA – Pj Bupati Ir. Ikram M Sangadji mengulas program pembangunan ekonomi Halmahera Tengah lewat MNC News Today, Senin 26 Juni 2023.

Acara yang berlangsung di Studio MNC INews Tower Lantai 8 Jakarta, mengangkat tema (Kawasan Industri Teluk Weda Mendukung Produktifitas dan Tranformasi Ekonomi Daerah).

Ikram dalam acara spesial dialog yang dipandu Host Syafaati Suryo itu memaparkan lima Program Prioritas pembangunan Halmahera Tengah.

Bacaan Lainnya

Lima program itu meliputi Pengentasan Kemiskinan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Pendidikan, Kesehatan Dan Lingkungan.

Program prioritas pengentasan kemiskinan, salah satunya Pembangunan Rumah Layak Huni 684 Unit tersebar di 72 Desa di Halmahera Tengah.

‌Selanjutnya program peningkatan Pendapatan, dan pembukaan Lapangan Kerja Baru masyarakat melalui UMKM Perikanan, Pertanian beserta suplair bahan makan (catering) ke Kawasan industri.

Selain itu Peningkatan Usaha Pangan Lokal Minyak kelapa Murni (virgin) Sagu dan kerajinan tangan seperti susiru dan tikar dengan jumlah 1.346 orang dengan pendapatan rata-rata 33.461.000 perkapita.

‌Pemanfaatan lahan tidur ( 178,8 H) di 8 kecamatan untuk Petani sayuran, 7 Ribu Petani sayuran yang tergabung 32 kelompok ( POKTAN) .

‌Aktivasi BUMDes Desa Nelayan di tiga kecamatan ( Pantura, Weda selatan dan Patani) bagi 695 Nelayan yang tergabung dalam 3 BUMDes)

‌Perluasan Sistim Pelayanan Air Minum ( SPAM ) dan Intalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di kawasan Pemukiman pada 6 kecamatan.

‌Pemberian Uang Duka pada Warga Miskin dan pembebasan Biaya rumah sakit dan biaya rujukan bagi masyarakat tidak mampu. Lanjut ims

‌Pelayanan BPJS Tenaga Kerja Nelayan dan Petani Sebanyak 1242 orang.

Peningkatan akses Jalan tani 55 km Kemudian peningkatan infrastruktur jalan akses antara kecamatan dan desa 75 KM.

‌Peningkatan akses pelayanan transportasi laut antar pulau (yoi gebe Patani weda) Perluasan investasi Riteil (toko) dan perhotelan ‌Peningkatan pelayanan listrik PLTU melalui kerja sama dengan PT IWIP suplai listrik 5 Mega Watt untuk wilayah Halteng.

‌Pengelolaan Kawasan Geosite Boki maruru dan Nusliku park serta pulau Moor. Food Estate 300 Hektar melalui kerja sama pemda dengan pihak swasta di kecamatan weda selatan.

Program prioritas pendidikan ‌Metode Gasing 120 Guru matematika dan 190 siswa SD ‌Penyediaan pakaian Seragam PAUD, SD, SMP SMA dari 9000 siswa/i ‌Penataan Kompetensi (Studi Banding) 631 Guru SD dan SMP. ‌

Penetasan Melek Baca 145 Siswa/I SD dan SMP menjadi O℅. ‌Rehab Sarana dan Prasarana Pendidikan 20 unit SD dan 8 Unit SMP ‌Penyiapan Beasiswa S1 Bagi 80 orang Mahasiswa S1 melalui Biaya dari Pemda dan SI dan S2 102 orang melalui kerjasama dengan perusahan pertambangan. ‌Pembangunan Politeknik melalui Kerja sama dengan PT. IWIP

Program prioritas kesehatan ‌Penanganan stunting dari 564 kasus menjadi 189 kasus melalui pemberian insentif kepada 191 ibu Hamil dan menyusui.

‌Penataan kompetensi Nakes Bidan Perawat dan Petugas Gisi 242 orang ‌Penetapan hari Rabu sebagai hari Konsumsi Vitamin e Bagi siswi SMA/SMK dan Karyawati perusahan pertambangan.

‌Studi Banding 20 orang Nakes kebidanan ke sanghai cina melalui kerja sama dengan PT. IWIP.

‌Pembangunan Puskesmas skala Nasional dan RSUD bertaraf internasional Melalui. Kerja sama dengan industri hilirisasi Pertambangan.

‌Pelayanan BPJS 24 jam di RSUD dan 12 jam di Puskesmas. ‌Peningkatan dan perluasan jaminan kesehatan (BPJS dari Pemda).

5program prioritas lingkungan
‌Penanganan Sarana dan Prasarana Lokasi Pembuangan sampah (TPA) terdapat di 2 Lokasi.

‌Melibatkan masyarakat dengan kerja sama Pemda dan Pertambangan tentang Penanganan Sampah ‌Penambahan tenaga kerja petugas kebersihan lingkungan wilayah kecamatan dan desa.(fan/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *