Cari Jaringan di Gunung Jela-Jela, Warga Kao Barat ‘Belum Merdeka’

  • Whatsapp
Warga di 5 Desa Kao Barat saat mencari jaringan di Gunung Jela-Jela.

| Halut — Kata keadilan rupanya masih jauh dirasakan warga di wilayah Kecamatan Kao Barat, Halmahera Utara, Maluku Utara. Betapa tidak, selain mereka kesulitan mengakses jalan dan jembatan ketika melintas, warga setempat juga saat ini telah kesulitan untuk mengakses jaringan Telekomunikasi. 

“Banjir yang melanda Kao Barat tanggal 16 Januari 2021 yang ikut melumpuhkan jaringan Telekomunikasi di wilayah Kao Barat sampai sekarang tidak ada perhatian dari pihak Pemerintah,”kata Mutlaben Kapita, warga asal Kao Barat, Selasa (2/3/2021).

Warga yang saat ini mengalami krisis jaringan, yakni Desa Kai, Bailengit, Pitago, Soamaetek, Parseba dan Tuguis. “Pasca bencana sampai sekarang tidak ada perhatian sama sekali dari Pemerintah, Pemda dan DPRD juga terkesan tutup mata dan telinga, sepertinya mereka tidak mau melihat penderitaan warga Kao Barat saat ini,”katanya. 

Ia menambahkan, krisis jaringan Telekomunikasi yang terjadi dalam dua bulan terakhir, membuat masyarakat ketika berkepentingan untuk menghubungi keluarga di luar Kao Barat, terpaksa harus ke gunung Jela-Jela yang jarak tempuh sekitar 7 kilometer dari desa.  

Hal ini berimbas juga kepada mahasiswa yang lagi di kota studi (tidak pulang kampung di tengah wabah), merasa kesulitan menghubungi orangtua disaat ada kebutuhan studi yang harus disampaikan ke orangtua.

“Kami berharap pihak terkait bisa segera memperbaiki jaringan komunikasi yang berada di Desa Soamaetek, agar bisa kembali normal,”harapanya. 

Sembari menegaskan, atas nama warga juga berharap ke depan Pemerintah Daerah bisa mengupayakan pembangunan Tower empat kaki (Rectangular Tower), sehingga bisa menjangkau semua desa-desa yang ada di wilayah Kao Barat. Ini karena sejauh ini warga merasa kesulitan dengan jaringan seluler yang ada. Sinyal kurang normal. Sering tiba-tiba hilang.(bur/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *