Gempa Guncang Halsel, Warga Takut Sunami dan Berlarian Mencari Bukit, BMKG : Tidak Terjadi Sunami

  • Whatsapp

| HALSEL – Jumat (26/2/2021 sekira pukul 20.00 WIT, Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat release resminya menyatakan, gempa berada pada koordinat 0,55 Lintang Selatan dan 127,56 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 kilometer arah Utara Kota Labuha, dengan kedalaman gempa 10 km.

Getaran yang dirasakan pada lima kecamatan, diantaranya Bacan Selatan, Bacan Barat, Bacan Barat Utara, Kecamatan Bacan, Bacan Timur.

Kepala Stasiun Geofisika rumah Kelas III Ternate, Andri Wijaya mengatakan, memperhatikan gempa bumi ini adalah bentuk gempa bumi anak dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Dikatakan, analisis mekanisme kepala sumber menunjukkan bahwa akibat gempa bumi memiliki mekanisme kerusakan pergerakan sesar turun.

Lebih lanjut terkait Gempa ini ia menjelaskan tidak berpotensi tsunami, dan hingga saat ini, belum ada aktivitas daerah gempa susulan.

“Warga diimbau tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggung sebagian jawabkan kebenarannya,”ujarnya.

Informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber menyebutkan, Gempa yang terjadi malam tadi, membuat warga di sejumlah Kecamatan salah satunya di wilayah Kecamatan Bacan berlarian keluar rumah mencari bukit atau pengunungan karena takut terjadi gempa Sunami.

Di satu sisi informasi yang dihimpun pasca gempa terjadi, ratusan rumah dan perkantoran di Halmahera Selatan ikut roboh, sementara sebagian besar hanya terlihat retak dari bagian dindingnya.

“Sejauh ini kami masih melakukan pendataan kerusakan rumah warga,”ungkap salah satu anggota BPBD Halsel saat dihubungi media ini malam tadi.(uyi/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *