Bangun Edukasi dan Perkuat Solidaritas, HMS UMMU Ternate Gelar Kajian Akbar

HMS UMMU Ternate Belajar Bersama Usai Kajian, Senin 3 Oktober 2022. (Istimewa).

Beritadetik.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil atau yang disingkat (HMS) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate gelar kajian Akbar sebagai bentuk tahapan pengenalan ilmu dasar keteknikan terhadap Mahasiswa Baru (Maba).

Agenda kajian ini berlangsung di sekretariat HMS UMMU Kota Ternate, Senin malam 3 Oktober 2022 dengan tema “Menggambar Teknik”.

Ketua Bidang Humas HMS UMMU Harmawi Ade dalam keterangan resminya kepada beritadetik.id menuturkan, agenda itu merupakan kajian mingguan, juga sebagai salah satu dari Program Kerja (Proker) di Bidang Kajian dan Bacaan Akademik yang dikoordinatori oleh Aan Farhan Yusup.

Bacaan Lainnya

“Program ini pertama kali dieksekusi dimasa kepengurusan Rifal Sadri selaku Ketua Umum HMS UMMU Ternate Periode 2022-2023,”ucap Harmawi.

Ia menjelaskan ajatan tersebut adalah menggambarkan dasar-dasar ilmu pengetahuan teknik dimana pihaknya menyuguhkan tahapan orientasi kepada mahasiswa baru jurusan teknik sipil.

Pada tentunya lanjut Harmawi, ruang kajian yang disediakan lahir berdasarkan kebutuhan Mahasiswa Baru (Maba) yang bertujuan menambah khasanah pengetahuan dan pengalaman diluar jam kuliah yang ditetapkan Universitas maupun Program Studi.

Kabid Humas HMS UMMU yang kerap disapa Awhy ini menerangkan, bahwa bermula dari kondisi serta dinamika proses belajar mengajar yang bertransformasi dalam pendidikan formal, barang kali hanya 20 persen atau 30 persen diterima oleh Mahasiswa di ruang kuliah.

“Dalam dinamika yang demikian akan melahirkan berbagai pertanyaan-pertanyaan, salah satunya adalah pertanyaan tentang dimana kita akan menemukan 70 persen pengetahuan tersebut, “kata dia dengan bertanya.

Jawabannya sambung Awhy, tentunya ada di luar ruang kuliah. Maka dari itu melalui penyediaan ruang kajian ini menjadi salah satu dari banyak ruang yang disediakan Himpunan Mahasiswa Sipil untuk menambah 30 persen pengetahuan di ruang kuliah.

Senada dengan Kabid Humas, Ketua Umum HMS UMMU Rifal Sadri mengatakan selain penyedian ruang edukasi, hal ini juga sebagai tempat untuk mempererat silahturahmi sekaligus solidaritas antara mahasiswa baru dengan yang terkemuka.

“Kami berharap semoga dengan hadirnya kajian tersebut dapat mempermudah Maba dalam memahami mata kuliah pada aspek teori dan implementasinya,”tutup dia.(red).

 

Editor: Awan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *