Tauhid Beberkan Prestasi Lewat Upacara HUT Kota Ternate

Wali Kota M. Tauhid Soleman saat memperingati HUT Kota Ternate ke-23 Tahun 2022.

Ternate, beritadetik.id – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara melaksanan upacara dalam rangka memperingati hari jadi Kota Ternate ke-23, Rabu (27/4/2022).

Upacara yang berlangsung di halaman Kantor Walikota Ternate itu dipimpin langsung oleh Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Tauhid ikut memaparkan keberhasilan setahun menjabat paska dilantik 27 April 2021 kemarin.

“Tahun 2021 merupakan tahun transisi kepemimpinan, akan tetapi tahun pertama kita menjabat ada sejumlah program prioritas yang dapat diwujudkan dalam pemerintahan ini,”ucap Tauhid saat menyampaikan sambutan pada upacara tersebut, Rabu (27/4/2022).

Dijelaskan, program yang berhasil dilakukan pada tahun pertama yakni ada 2 (dua) Program Prioritas, yaitu Program Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Profesional dan Program Peningkatan kualitas Pelayanan Publik.

Selain itu ada 14 Program Prioritas yang tercatat dalam RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026.

“Untuk tahun 2022 Pemkot fokuskan infrastruktur pembangunan di wilayah kecamatan terluar seperti Moti, Hiri dan
Batang Dua,”ungkap Tauhid.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Ternate itu menambahkan, di usia Kota Ternate yang kini genap 23 tahun tersebut, masih harus bekerja keras dan berinovasi, terutama dalam hal masalah pelayanan publik.

Tauhid menjelaskan, Kota Ternate pada aspek penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2021
oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara dapat memperoleh predikat kepatuhan Sedang dengan nilai 72,88 (Zona
Kuning).

Dengan nilai ini mengantarkan Pemkot Ternate menjadi peringkat ke-54 dari 98 Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, sekaligus mendapatkan penghargaan layanan terbaik di Tahun 2021 dengan nilai 87.

“Kota Ternate juga berhasil meraih berbagai prestasi dan penghargaan yang membanggakan, baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional,”beber Tauhid.

Prestasi yang dimaksud, lanjut Politisi NasDem itu diantaranya, Predikat Penilaian,
(A) Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2020 yang di terima pada awal tahun 2021
dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Republik Indonesia.

Kemudian prestasi Opini “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” atas hasil laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 yang diterima pada tanggal 21 Mei 2021, dan ini merupakan opini WTP yang ke 7 kalinya.

Selanjutnya, penghargaan terbaik 1 penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK semester II Tahun 2020 pada Anugerah Tata Kelola Keuangan Daerah, yang diterima pada tanggal 21 Mei 2021.

Prestasi lainnya adalah Peringkat I Kategori Penilaian Kompetensi di Bidang Tata Kelola Kepegawaian dari Kanreg Award dari BKN Kanreg XI, yang diterima pada tanggal 10 Juni 2021.

Selain itu Prestasi di bidang perlindungan Anak dalam Penganugerahan Capaian pemenuhan Hak Anak, Ternate sebagai Kota Layak Anak Kategori MADYA dengan perolehan nilai 650.

Penghargaan Implementasi Pengarustamaan Gender melalui Anugrah Parahita Ekapraya dengan nilai capaian 67 % Kategori Pratama.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.