Tahun Ini Pemkot Ternate Fokus Tata Kembali Kawasan Pusat Perkotaan

Rizal Marsaoly
Rizal Marsaoly

Beritadetik.id – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate fokus menata kembali kawasan perkotaan  secara bertahap di tahun ini.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Rizal Marsaoly mengatakan pada tahun ini ada beberapa program fisik diantaranya penataan kawasan belakang Jatiland Mall.

Selain itu penataan sepanjang pantai Falajawa dan penataan kawasan Jole Majiko di pantai Dufa-dufa, serta  kawasan kumuh di kelurahan Kasturian.

Bacaan Lainnya

Bepelitbangda sendiri juga merumuskan konsep perencanaan terkait pemanfaatan lahan rekreasi yang selam ini dianggap belum dimanfaatkan.

Dikatakan Rizal, dalam program 2023 ini dirinya berharap OPD teknis, yakni PUPR, Disperindag, DLH Dishub dan Dinas Koperasi dan UKM, agar saling berkoordinasi sehingga program tersebut tak bertabrakan di lapangan.

“Untuk proyek penataan kawasan belakang Mall Sekmen 1 dan 2 sudah mulai tuntas dan nantinya akan ditambahkan penataan pada sekmen 3 ditata yang berlokasi samping mesjid Al-Munawwar masuk dalam APBD tahun 2023 untuk di bangun karena lokasi tersebut kurang tertata,”katanya.

Untuk PUPR sendiri, lanjut Diaz ada program fisik paling terbanyak juga termasuk penataan pantai Falajawa akan dirombak total guna agar menjadi ruang publik.

Lebih lanjut, untuk pelabuhan Residen juga masuk dalam penataan Pemkot Ternate direhab ruang tunggu dan VIP serta rehabilitasi Landmark, taman Nukila dan beberapa ruang publik serta pelayan untuk penataan jalan umum.

Dijelaskan beberapa program kegiatan yang masuk di APBD yang nantinya masuk dalam tahapan lelang atau peruntukan langsung paska tahapan Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada Sistem Infomasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) yang inputan dari OPD yang selanjutnya masuk ke ULP.

Dia menambahkan mengenai masalah sampah, tak terlepas dari pembahasan karena 2023 ini ada beberapa armada pengangkut sampah diantara 3 unit amrol, Mobil truk 3 unit, mobil L300 sebanyak 5 unit dan penambahan kontener sebanyak 5 unit.(ian).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *