PDI-P Maluku Utara Jagokan Kader Maju Kepala Daerah 2024

Muhammad Sinen
Muhammad Sinen

Beritadetik.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maluku Utara mulai menatap Pemilu 2024 dengan menyiapkan kader terbaiknya untuk bertarung.

Hal itu dikuatkan dengan membuka penjaringan bakal calon kepala daerah di 10 Kabupaten Kota se provinsi Maluku Utara.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Malut, Muhammad Sinen usai rapat kordinasi dengan seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP 10 kabupaten/kota yang berlangsung di Grand Majang Hotel Ternate pada, Sabtu 20 April 2024.

Bacaan Lainnya

Muhammad Sinen mengatakan, untuk penjaringan di Kota Tidore di buka secara tertutup, alasan pendafataran dibuka secara tertutup di Kota Tidore karena berdasarkan aturan partai PDIP Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Penjaringan dan Penyaringan Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah sudah dijabarkan dalam partai.

“Karena aturan partai 24 tahun 2017 itu sudah jelaskan. Jadi daerah-daerah yang menang Pemilihan Legislatif di atas 20 persen, itu pelaksanaan pembukaan pendaftaran buka tertutup. Jadi buka tapi tertutup,” ujar Ayah Erik sapaan akrabnya Muhammad Sinen.

lanjutnya, selain Kota Tidore, presentasi kemenangan Pileg di beberapa daerah juga di bawah 20 persen. Oleh karena itu, pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah berlaku secara umum. Kecuali Tidore.

Wakil Wali Kota Tidore itu menambahkan, terkait mekanisme atau penentuan bakal calon kepala daerah itu ada di tangan DPP, akan tetapi daerah turut mengusulkan nama-nama bakal calon dari PDIP di daerah.

“Misalnya dalam rapat tadi, nama-nama yang menguat untuk calon Gubernur adalah sultan Tidore (Husain Syah) Capt Ali Ibrahim, termasuk saya juga diusulkan, namun saya memilih tetap maju di Tidore,”ucapnya.

“PDIP juga bakal mengusung calon Wakil kepala daerah di 10 kabupaten Kota pada Pemilihan Kepala daerah tahun 2024-2029, jadi kita usung Wakil saja,”pungkasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *