Warga Halmahera Tengah Siap Sambut Piagam Pahlawan Nasional H Salahuddin bin Talabuddin

Bupati Edi Langkara saat menerima piagam penganugerahan gelar Pahlawan Nasional H. Salahuddin bin Talabuddin dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara di Jakarta pada Senin 7 November 2022.(Foto : Istimewa).
Bupati Edi Langkara saat menerima piagam penganugerahan gelar Pahlawan Nasional H. Salahuddin bin Talabuddin dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara di Jakarta pada Senin 7 November 2022.(Foto : Istimewa).

Beritadetik.id – Piagam Pahlawan Nasional H Salahuddin bin Talabuddin dijadwalkan akan tiba di Ternate, Maluku Utara, pada Kamis (10/11/2022).

Piagam tersebut dibawa oleh Bupati Halmahera Tengah Drs Edi Langkara bersama ahli waris usai diterima dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada beberapa waktu lalu.

Kedatangan piagam pahlawan H. Salahuddin bin Talabuddin itu pun rencananya akan dijemput oleh ribuan warga masyarakat dari wilayah Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Bacaan Lainnya

“Iya, Kamis besok piagam gelar pahlawan H Salahuddin bin Talabuddin dijadwalkan akan tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate pada Kamis besok,”kata Kepala Dinas Pariwisata Halteng, Husain Ali, Rabu (9/11).

Baca Juga

Rekam Jejak H Salahuddin bin Talabuddin, Tokoh Asal Halmahera Tengah Jadi Pahlawan Nasional

Dia menyebutkan piagam tersebut dibawa oleh pak Bupati Edi Langkara bersama ahli waris bersama sejumlah OPD dari Pemda Halteng.

Terkait jadwal tiba di Bandara Babullah Ternate, kadis menjelaskan rombongan bupati dan ahli waris diperkirakan tiba di Bandara Bandara Sultan Babullah Ternate pukul 07.30 WIT.

Mengenai teknis penjemputan sendiri, Husain menjelaskan ada ratusan warga masyarakat dari Halmahera Tengah yang nantinya melakukan penjemputan secara langsung.

Tak itu saja, para penjemput juga akan melakukan konvoi di beberapa titik di wilayah Kota Ternate.

“Agenda lanjutan setelah penjemputan, rombongan akan ke Makam Pahlawan H. Salahuddin Bin Talabuddin yang terletak di Perkuburan Islam, Kecamatan Ternate Tengah,”jelasnya.

Usai membacakan doa di makam Pahlawan Nasional, Alm. H Salahuddin bin Talabuddin, selanjutnya rombongan menuju Pelabuhan Residen dan menyeberang ke Sofifi, untuk melanjutkan perjalanan ke Weda, Kabupaten Halmahera Tengah.

“Tiba di Weda, nantinya akan diadakan upacara pengibaran bendera berukuran 18 meter, dengan lebar 8,7 meter, sebagai bentuk penghormatan,”ucap Husain.

Ia menjelaskan, bendera raksasa yang nanti dikibarkan ini melambangkan kelahiran Pahlawan Nasional Haji Salahuddin bin Talabuddin yang jatuh pada tahun 1887.

Baca Juga :

Presiden Setujui Salahuddin Bin Talabuddin dan 4 Tokoh Jadi Pahlawan Nasional

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi menganugerahkan gelar pahlawan nasional tahun 2022 kepada lima tokoh dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Penganugerahan gelar tersebut berlangsung di Istana Negara di Jakarta pada Senin 7 November 2022.

Presiden Jokowi usai prosesi penganugerahan mengatakan pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara.

Penganugerahan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 96/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 3 November 2022.

Kelima tokoh yang diberikan gelar pahlawan nasional dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2022 :

1. Almarhum Dr. dr. H. R. Soeharto, dari Jawa Tengah.

2. Almarhum KGPAA Paku Alam VIII, dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Almarhum dr. R. Rubini Natawisastra, dari Kalimantan Barat.

4. Almarhum H. Salahuddin bin Talabuddin, dari Maluku Utara.

5. Almarhum K.H. Ahmad Sanusi, dari Jawa Barat.**

Penulis : Tim
Editor    : Ridwan Arief

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *