Terlibat Politik Praktis, Puluhan Kades Kepulauan Sula Bakal Ditindaklanjuti Bawaslu

Kantor Bawaslu Kepulauan Sula, Maluku Utara. (Noh/Beritadetik.id).

SANANA, Beritadetik.id – Bawaslu Kepulauan Sula, Maluku Utara, bakal menindaklanjuti puluhan Kepala Desa (Kades) yang menyatakan sikap mendukung salah satu bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Makmurdin Mus alias Maya pada kontestasi politik 2024 mendatang.

Pernyataan sikap puluhan Kades itu berlangsung di Kantor Camat Sanana Utara, usai gelar Musda APDESI yang dihadiri langsung oleh Makmurdin Mus yang juga sebagai anggota aktif DPRD Provinsi Maluku Utara, Rabu 21 September 2022.

“Bawaslu akan menindaklanjuti dengan memberi teguran kepada para Kades yang turut hadir dalam kegiatan APDESI. Karena mereka menyatakan sikap mendukung bakal Calon anggota DPD RI Makmurdin Mus, “ucap Ketua Bawaslu Kepsul, Iwan Duwila saat dikonfirmasi beritadetik.id, Kamis, (22/09/2022).

Bacaan Lainnya

Dikatakan, sikap mereka sangat bertentangan dengan status mereka sebagai Kepala Desa. Seharusnya Kades memberikan pembinaan politik di Desa sekaligus pencerahan yang baik demi jalannya pesta demokrasi tanpa ada sekat-sekat.

Iwan bilang, sejumlah Kades yang mengelurkan pernyataan seperti itu tentu membingungkan masayarakat di Desa yang berbeda pilihan politik.

“Kades adalah pembina politik di Desa. Hari ini mereka sudah menyampaikan sikap secara terbuka di publik, dan sikap seperti itu kan dilarang undang-undang. Lalu, nantinya sikap dari masayarakat seperti apa?,”tanya Iwan.

Intinya Kades adalah pembina politik di Desa, mereka juga sangat dilarang terlibat dalam politik praktis, “tutupnya. (nox/red).

 

Peliput: Noho Ahmad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *