Kades Dofa Kepulauan Sula Dinonaktifkan, Ini Alasannya

Kabag Pemerintahan Setda, Kabupaten Kepulauan Sula, Suwandhi Hi. Gani saat diwawancarai awak media, Jumat 5 Agustus 2022.(beritadetik.id).
Kabag Pemerintahan Setda, Kabupaten Kepulauan Sula, Suwandhi Hi. Gani saat diwawancarai awak media, Jumat 5 Agustus 2022.(beritadetik.id).

Sanana, Beritadetik.id – Bupati Fifian Adeningsi Mus melalui Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara, menonaktifkan Kepala Desa Dofa, Kecamatan Mangoli Barat, Jailan Sapsuha.

Penonaktifan terhadap status Jailan dari Jabatan Kepala Desa itu karena dianggap tidak taat terhadap perintah Camat Mangoli Barat Ernawati Sapsuha.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda, Kabupaten Kepulauan Sula, Suwandhi Hi. Gani dikonfirmasi wartawan membenarkan informasi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Iya, Surat Keputusan (SK) pemberhentian terhadap Kepala Desa Dofa, Jailan Sapsuha sudah ada, namun itu hanya bersifat sementara, bukan nonaktif permanen,”ungkap Suwandhi kepada awak media, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, soal SK pemberhentian sementara yang dikeluarkan tersebut sebagai bentuk teguran sekaligus pembinaan terhadap kades agar kedepan lebih taat pada atasan.

Dia mengatakan kesalahan kades Dofa Jailan Sapsuha tidak mengindahkan surat panggilan yang disampaikan oleh Camat Mangoli Barat.

Selain itu berdasarkan laporan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dofa kepada Camat, bahwa kinerja kades diduga sering lalai dalam menjalankan tugas.

Di tempat terpisah, Camat Mangoli Barat, Ernawati Sapsuha dikonfirmasi ikut membenarkan pernyataan Kabag Pemerintahan Pemkab Sula, perihal SK pemberhentian kepala desa tersebut.

“Benar bahwa saya sendiri telah memanggil kades dengan cara menyurat, namun tidak diindahkan. Dan saya laporkan ke pimpinan, untuk mengeluarkan surat pemberhentian sementara, dan itu hanya 14 hari,”tandasnya.(nox/red).

Peliput : Noho Ahmad
Editor   : Ridwan Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *