Apdesi Sula Gelar Aksi Tandingan, Minta Pemda Tetap Lanjutkan Pilkades

  • Whatsapp

APDESI Kepulauan Sula saat menggelar Aksi di depan Kantor DPRD Kepsul, Rabu (21/4/2021).

SANANA || Beritadetik.id — Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kepulauan Sula menggelar aksi tandingan mendukung langkah Pemda Kepsul untuk melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di wilayah setempat.

Aksi yang digelar di beberapa titik termasuk kantor DPRD di Sanana, Rabu (21/4). Pendemo meminta Pemda tidak terpengaruh dengan aksi yang dilakukan segelintir orang yang dianggap sengaja mencoba memprovokasi serta menghambat tahapan Pemilihan Kepala Desa Kepsul saat ini.

“Lewat aksi ini kami meminta Pemda Kepulauan Sula agar tetap melanjutkan tahapan Pilkades di Sula. Soal aksi yang dilakukan beberapa waktu lalu, Pemda tidak perlu terpengaruh kerena hajatan Pilkades ini adalah perintah Undang-Undang, bukan kemauan segelintir orang di daerah ini,”kata Ketua Apbdsi Kabupaten Kepulauan Sula Hasanudin Tidore.

Terpisah, Ketua Apdesi Maluku Utara (Malut) Syahril Syahlan menilai rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komisi I DPRD Kepulauan Sula agar Pilkades serentak ditunda cacat administrasi dan prosedural.

Atas nama Apdesi Malut, Lanjut Syahril, pihaknya turut prihatin dengan rekomendasi Komisi I tentang penundaan tahapan Pilkades yang dilaksanakan Panitia saat ini.

Sembari menegaskan, DPRD sebagai lembaga pengawasan terhadap kebijakan daerah serta perumus peraturan daerah, mestinya mendukung tahapan dan hajatan Pilkades yang dilaksanakan saat ini, sebab ini adalah perintah undang-undang.

“Kami minta Pemda tidak perlu gubris permintaan pihak-pihak yang dengan sengaja ingin menghambat tahapan Pilkades di wiilayah Kepulauan Sula saat ini,”pungkasnya.

Pantauan media ini, aksi yang diikuti ratusan pengurus Apdesi dan puluhan warga di wilayah setempat dapat berlangsung aman dan lancar. (min/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *