MPC PP Kepsul Suport Pemda Suksesi Pilkades Serentak

  • Whatsapp
Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kepulauan Sula, Herdiyanto Bone.

“Pelaksanaan Pilkades serentak ini tak boleh dikotomikan dengan kepentingan Politik untuk memecah belah persatuan dan kesatuan warga”.

Herdiyanto Bone

SANANA | Beritadetik.id — Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, memberikan suport dan apresiasi terhadap suksesi tahapan penyelengaraan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 yang bakal digelar Pemkab di wilayah setempat.

Pasalnya, pelaksanaan Pilkades serentak tersebut selain berakhirnya masa jabatan para kepala desa di wilayah setempat, hal itu juga sebagai respon Pemerintah Daerah (Pemda) di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Hendrata Thes dan Zulfahri Abdullah Duwila terhadap aspirasi yang datang dari BPD maupun warga masyarakat untuk dilakukan percepatan Pilkades di wilayah tersebut.

“Kami mengapresiasi dan memberikan suport terhadap langkah Pemda Kepulauan Sula terhadap kesiapan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut, ini penting sebagai wujud partisipasi aktif pemuda dan masyarakat dalam membangun desa,”kata Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Herdiyanto Bone kepada beritadetik.id, Kamis (18/3/2021).

Menurut Herdiyanto, Partisipasi Aktif ini memiliki beberapa Fungsi. Pertama kaum muda terlihat tampil mencalonkan diri sebagai kades, ini menunjukan adanya keinginan besar kaum muda untuk mengamalkan pengetahuan dan pengalamanya pada komponen masyarakat terkecil di desa. “Pada fungsi ini kaum muda tak hanya sebagai agen of control social melainkan turut terlibat pencalonan untuk menjadi pelaku pembangunan dan kemajuan desa,”ujarnya.

Lebih lanjut, Anto sapaan akrab Hardiyanto ini bilang, kondisi desa saat ini menuntut kualitas seorang kepala desa dalam menerjemahkan tuntutan pembangunan yang baik bagi masyarakat. Karena itu, para kontestan Pilkades harus cakap secara kualitas untuk membawa kemajuan desa di wilayah Sula saat ini dan akan datang.

Sembari berharap pelaksanaan Pilkades serentak ini secepat mungkin dilaksanakan. Dan paling penting pelaksanaan Pilkades tersebut tak boleh dikotomikan dengan kepentingan Politik.

“MPC Pemuda Pancasila juga mengimbau agar pihak-pihak berkepentingan langsung dalam momentum Pilkades ini tak boleh kecilkan ruang Pilkades untuk kepentingan politik tertentu, tapi harus menjadikan forum Pilkades ini sebagai mimbar rakyat dalam menentukan pemimpin mereka secara jujur, rahasia tanpa tekanan dari pihak manapun,”pungkasnya.(ist/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *