Jelang Perayaan Hari Nusantara di Tidore, Menhub Minta Pemkot Lengkapi Fasilitas Ini

Rapat koordinasi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Selasa 29 Agustus 2023.(Foto : Albagaz/beritadetik.id).
Rapat koordinasi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Selasa 29 Agustus 2023.(Foto : Albagaz/beritadetik.id).

Beritadetik.id – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Selasa (29/8/2023).

Rakor tersebut membicarakan detail persiapan Hari Nusantara Tahun 2023 yang rencana dipusatkan di Kawasan Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan pada Desember mendatang.

Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi selaku Ketua Panitia Hari Nusantara Tahun 2023 melalui Zoom Meeting, Selasa (29/8/2023).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam rapat tersebut yang diikuti oleh Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim bersama jajaran, dan para pejabat eselon 1 dan 2 di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Menhub RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, pelaksanaan Hari Nusantara 2023 diharapkan bisa memberikan dampak yang baik untuk Kota Tidore Kepulauan.

Untuk itu infrastruktur pendukung Hari Nusantara, seperti rumah singgah, penginapan terapung hingga transportasi darat maupun laut harus dipersiapkan.

“Kita harapkan, Hari Nusantara Tahun 2023 memberikan dampak yang baik untuk Kota Tidore Kepulauan, untuk itu fasilitas pendukung harus dipersiapkan,”ujarnya

Ia menekankan kesiapan yang perlu dimatangkan adalah rumah singgah, penginapan terapung, restoran hingga transportasi darat maupun laut, harus siap.

“Kita sudah bekerja sama dengan seorang arsitek besar, Popo Danes, beliau yang akan mendesain rumah singgah, pengalamannya sudah banyak mendesain infrastruktur pendukung wisata di Bali,”jelas dia.

Di kesempatan tersebut, Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno memaparkan hasil peninjauan Kawasan Wisata Pantai Tugulufa, lokasi perhelatan Hari Nusantara Tahun 2023 oleh tim survei lokasi dari Dirjen Perhubungan Darat pekan lalu.

Selain itu ia juga memaparkan sejumlah usulan dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan seperti, penguatan jaringan internet, penambahan daya listrik, hingga dukungan infrastruktur dan Event Organizer.

“Dari hasil peninjauan kami, lokasi pantai Tugulufa sudah siap, hanya saja beberapa lokasi seperti venue kuliner dan parkir VVIP perlu dirapikan,”ujarnya lagi.

Ia juga mengaku hasil penjualan lapangan, terlihat Pelabuhan Sarimalaha Goto, Pelabuhan Rum dan Pelabuhan trikora sudah cukup bagus.

“Terkait usulan rundown acara dengan opsi 3 hari dan 5 hari, dengan acara Puncak tetap di tanggal 13 Desember 2023, venue utama ini juga berdekatan dengan Pasar Rakyat Gosalaha,” Papar Hendro.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam rakor tersebut mengatakan, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang luar biasa dari Kementerian Perhubungan RI terhadap persiapan pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore.

Dia bilang data pendukung infrastruktur dan lainnya, akan segera ditindaklanjuti oleh Pemda Kota Tidore Kepulauan.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan yang besar dari Kementerian Perhubungan, Insya Allah kami segera kirim data-data yang dibutuhkan, seperti master plan dan data untuk rumah singgah, serta kebutuhan pendukung Hari Nusantara Tahun 2023 yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Tidore Kepulauan segera kami tindak lanjuti,” ucap Ali Ibrahim.

Dalam rakor tersebut, Menhub RI Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan ke Kota Tidore Kepulauan dengan membawa serta Arsitek Popo Danes untuk melihat langsung lokasi perhelatan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kawasan Wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan.(al/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *