Jelang Pileg 2024, PAN Maluku Utara Tidak Baik-baik Saja

Hairun Rizal Ketua Bappilu PAN Malut (Tengah).
Hairun Rizal Ketua Bappilu PAN Malut (Tengah).

Beritadetik.id – Perjuangan politik Partai Amanat Nasional (PAN) di Provinsi Maluku Utara dalam menyongsong Pemilu 2024 dipastikan tak akan berjalan mulus.

Pasalnya, di tengah tahapan Pemilu terutama Pemilihan Legislatif 2024 yang sudah jalan, sejumlah pengurus termasuk Ketua DPW dan Ketua Bappilu PAN Malut memilih undur diri dari jabatan.

Sebelumnya Ketua DPW PAN Malut Iskandar Idrus mengumumkan pengunduran dirinya, kini giliran Ketua Bappilu Hairun Rizal juga ikut mengumumkan pengunduran diri secara resmi, Rabu (3/4/2023).

Bacaan Lainnya

Tak hanya dua pucuk pimpinan parpol itu, sejumlah pengurus dibawahnya pun ikut-ikutan undur diri dari kepengurusan.

Sikap politik sejumlah kader DPW PAN Provinsi Maluku Utara ini diputuskan setelah DPP tidak mengakomodir Ketua DPW PAN Iskandar Idrus dalam pencalonan sebagai anggota DPR RI pada tahun 2024.

“Saya atas nama Hairun Rizal Ketua Bappilu PAN Malut menyatakan mundur dari Pengurus DPW PAN Malut dan mundur dari Bacaleg DPRD Provinsi Maluku Utara Partai Amanat Nasional (PAN),”ucap dia.

Hairun bilang, bahwa DPP PAN mestinya mengakomodir Iskandar Idrus sebagai Bacaleg DPR RI Dapil Maluku Utara pada Pemilu Serentak Tahun 2024.

Menurutnya DPP tidak punya alasan mendasar untuk tak mengakomodir Iskandar Idrus, sebab, jauh sebelum itu Iskandar sudah dibicarakan sebagai figur yang akan diutus maju DPR-RI pada Pileg 2024.

“Jauh sebelum itu, DPP telah menyampaikan rekomendasi Bacaleg DPR RI Dapil Maluku Utara yaitu saudaraku Iskandar Idrus dan kemudian DPW PAN Malut,”katanya.

Tak sampai di situ, melalui Rapat Harian juga telah memutuskan dan merekomendasikan ke DPP melalui KPPN Bidang Pencalegan agar mengakomodir saudaraku Iskandar Idrus sebagai Bacaleg DPR RI.

“Kami hanya ingin DPP tidak mengabaikan hasil Rapat Koordinasi Nasional Komite Pemenangan Pemilu Nasional yang melibatkan Komite Pemenangan Pemilu Wilayah,”ungkapnya.

Dia menambahkan, ucapan DPP juga di sampaikan saat Ketua Umum datang ke Ternate melantik Pengurus DPW PAN Malut yang bertempat di Royal Resto.

Pada saat itu, lanjuti dia, Ketua Umum juga telah menyampaikan secara terbuka melalui sambutannya agar kita semua mendukung Iskandar Idrus sebagai Bacaleg DPR RI.

“DPP PAN tidak komitmen dan mengakomodir orang lain yang bukan pengurus dan bukan kader PAN untuk menjadi Bacaleg DPR RI Dapil Maluku Utara melalui Partai PAN,”tandasnya.

***

Peliput : Alfian Hattari
Editor   : Ridho Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *