Hasil Nyata Meski Belum Merata, BNN Morotai Telah Melaksanakan Program Prioritas Nasional

Kasubag Umum BNN Pulau Morotai Rusni Hi. Buka Mansur
Kasubag Umum BNN Pulau Morotai Rusni Hi. Buka Mansur

MOROTAI, Beritadetik.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, telah melaksanakan semua program termasuk program prioritas nasional tahun anggaran 2022.

Hal ini disampaikan oleh Kasubag Umum BNN Pulau Morotai Rusni Hi. Buka Mansur, di ruang kerjanya pada Rabu, 27 Desember 2022 Pukul 16.00 WIT.

Pertama pada program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba yakni bertujuan untuk meningkatkan daya tangkal keluarga terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, kegiatan itu diikuti oleh 10 keluarga yang terdiri dari 1 orang ayah/ibu dan 1 orang anak yang berada di kelas Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Morotai. merupakan salah satu sekolah SMP yang juga berada di Ibu kota Kabupaten Pulau Morotai.

Kemudian adapun program prioritas nasional Teman Sebaya melalui Dialog Interaktif Remaja yang di laksanakan BNN di sekolah-sekolah yang diadakan pada beberapa waktu lalu.

“Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan yang aplikatif kepada remaja dalam menciptakan hubungan pertemanan yang adaptif upaya menolak penyalahgunaan narkoba,”paparnya.

Selain itu, kata Rusni dengan adanya program Desa Bersinar maka informasi mengenai penyalahgunaan narkoba dapat diketahui lebih cepat. Karena bisa diberitahukan langsung oleh masyarakat dan juga masyarakat bisa melakukan pencegahan sendiri.

“Tapi mereka dilatih. keadaannya bagaimana mengenali orang yang menyalahgunakan narkoba,”ungkap Kasubag Umum BNN Morotai itu.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pada Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), BNN Morotai berupaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan intervensi berkelanjutan terhadap penyalahguna narkoba.

“Apa yang tengah dilakukan BNN tersebut telah membuahkan hasil nyata, meski belum terasa merata di seluruh wilayah Pulau Morotai,”sambungnya.

“Kami juga telah melaksanakan kegiatan Konsolidasi Kebijakan Kota Tanggap Ancaman Narkoba pada Lingkungan Pendidikan,”ujarnya.

Ia berharap, masyarakat dapat bergandeng tangan karena itu tugas kita bersama, agar tujuan dari pemerintah untuk membebaskan Indonesia bersih dari narkoba itu bisa terwujud.

Berdasarkan data dari BNN Morotai tahun 2020 – 2022 salah satunya di pulau Morotai Desa Wawama dipilih sebagai Desa Bersinar lantaran sebagian besar anak-anak usia remaja dan pelajar di Desa setempat lebih banyak mengunakan barang terlarang atau obat-obatan. (red).

Editor: M. Bahrul Kurung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *