Sultan Husain Sjah Kukuhkan 8 Perangkat Adat Kesultanan Tidore

Pelantikan 8 perangkat adat kesultanan Tidore, Jumat (25/2/2022).

Tidore, beritadetik.id – Sultan Tidore Husain Sjah secara resmi melantik 8 perangkat adat kesultanan Tidore. Pelantikan ini berlangsung di Kadaton Kie Kesultanan Tidore, Jumat (25/2/2022).

“Delapan perangkat adat tersebut untuk mengantikan posisi perangkat adat sebelumnya. Intinya mereka itu jabatan marga, jadi dari keluarga menunjuk. Tugas sultan hanya melantik,”kata Sultan Husain Sjah usai pelantikan kepada wartawan.

Sultan menjelaskan, 8 perangkat adat yang diangkat tersebut berbeda dengan jabatan seperti Jujao atau Tulamo karena itu bukan jabatan marga. Melainkan diangkat berdasarkan profesionalitas dan intelektualitasnya.

Bacaan Lainnya

“Untuk tugas dan fungsi dari perangkat adat tersebut, misalnya Fomanyira Jawa tugasnya memberikan pengetahuan tentang adat istiadat. Begitu juga dengan yang lainnya. Intinya mereka punya pengabdian terhadap kesultanan,”jelasnya.

Data yang dihimpun, 8 perangkat adat yang dilantik tersebut di antaranya Harun H. Abdullah sebagai Kepala Bangsa, Alwi Alting sebagai Jodati Ngofa, Syahril Abdullah sebagai Kiemalaha Sinode,

Selanjutnya Yunus Musa sebagai Kiemalaha Soakonora, Armand Abd Latif sebagai Fomanyira Dikitobo, H. Jainudin Laha sebagai Fomanyira Tusuma, Samsi Ali sebagai Fomanyira Sosaleh, Yunus Taher sebagai Fomanyira Jawa.(al/red).

🔴 VIDEO PENGUKUHAN PERANGKAT ADAT KESULTANAN TIDORE : 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *