Pemkot Tidore Komitmen Genjot Hasil Produksi Petani, Target Penuhi Permintaan Pasar di PT IWIP

  • Whatsapp
Walikota Tidore Kepulauan (Tikep) Capt H. Ali Ibrahim saat menyerahkan bantuan kepada Petani pada Kamis (15/7/2021).|| Foto : (Al-Tidore/beritadetik.id).

Tidore || Beritadetik.id – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) di bawah kepemimpinan Capt H. Ali Ibrahim dan Muhammad Senen (AMAN) berkomitmen untuk menggenjot hasil produksi petani di wilayah setempat.

Komitmen ini ditandai dengan kegiatan penyuluh pertanian Se-Kota Tidore Kepulauan oleh Dinas Pertanian di Aula Sultan Nuku, Kamis (15/7/2021).

Bacaan Lainnya

“Tujuan evaluasi ini agar kita dapat mengetahui sejauh mana hasil produksi pertanian seperti sayur, tomat, rica dan lainya,”kata Wali Kota Tidore Capt H. Ali Ibrahim.

Menurut Ali, produksi petani di wilayah Kota Tidore yang dijual ke PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) belum memenuhi target permintaan dari perusahaan yang beroperasi di Halmahera Tengah. Karena itu pihaknya berkomitmen untuk menggenjot hasil produksi petani di Kota Tidore saat ini.

“Visi-Misi Kota Tidore Kepulauan di Sektor Pertanian dan Perikanan harus dikembangkan, jika Perikanan sudah dibantu oleh Provinsi maka di Sektor Pertanian harus lebih kreatif,”ujarnya.

Lebih lanjut Ali Ibrahim meminta agar tugas dan kewenangan yang sudah dilimpahkan ke Penyuluh untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Setiap hasil produksi harus dibuatkan data presentasenya agar bisa dilaporkan, dengan data tersebut Pemerintah Kota Tidore Kepulauan juga bisa mengupayakan permintaan anggaran untuk bantuan operasional penyuluh,”ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan Imran Jasin menyampaikan, jumlah penyuluh yang tersebar di wilayah Kota Tidore Kepulauan beserta Kelompok tani yang dibina sebanyak 36 laki-laki dan 30 wanita.

“Untuk jumlah total penyuluh 66 orang, sedangkan gabungan kelompok tani yang dibina oleh penyuluh anggotanya sebanyak 7.360 orang dengan luas lahan yang dikelola seluas 14.753 hektar,”terangnya.

Diketahui, dalam kegiatan ini ikut dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Alsintan dan Saprodi ke perwakilan beberapa Kelompok Tani. Bantuan tersebut berupa Profil Tank, Mesin Sprayer, Pupuk dan Bibit, Hand Sprayer, dan Biota Plus.(al/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *