Pemda Halmahera Timur Dorong UPTD Tingkatkan Skil Alat Berat Bagi Warga Secara Gratis

Ifdal Rajak

Haltim, beritadetik.id – Pemda Halmahera Timur (Haltim) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mendorong UPTD di tiap kecamatan untuk meningkatkan skil atau kemampuan warga dalam mengoperasikan alat berat.

Upaya peningkatan kemampuan warga dalam dunia kerja Driver ini sebagai upaya mempersiapkan SDM yang akan bekerja di bidang industri pertambangan.

“Upaya mendorong UPTD lakukan pengembangan kompetensi ini adalah langkah mempersiapkan generasi di Halmahera Timur dalam menyambut era industri pertambangan saat ini,”kata Kabid Ketenagakerjaan Disnakertrans Halmahera Timur Ifdal Rajak kepada beritadetik.id, Rabu (18/5).

Bacaan Lainnya

Untuk tahapannya, lanjut Ifdal, pihaknya sudah mulai action dan saat ini sedang menunggu persetujuan dan rekomendasi dari Biro Organisasi Provinsi Maluku Utara.

“Upaya yang dilakukan ini adalah merespon tuntutan dan kebutuhan Masyarakat serta Anak-anak muda, karena dilihat, Kabupaten Halmahera Timur bergerak banyak di Pertambangan,”ungkapnya.

Ifdal menambahkan, setelah proses usulan disetujui pemerintah Provinsi, selanjutnya daerah akan menyiapkan rancangan peraturan Bupati. “Kemungkinan kerja-kerja operasionalnya sudah akan bisa dilakukan dalam bulan ini,”sambungnya.

Sembari mempertegas bahwa kehadiran UPTD Badan Pengembangan Kompetensi Kerja ini bertujuan mengikis angka pengangguran dan kemiskinan di Halmahera Timur saat ini.

“Kita harapkan dengan pengembangan keterampilan ini kedepan mungkin akan lebih baik, untuk itu kepada Masyarakat dan Anak-anak mudah yang memiliki pengalaman di Driver, kami dari Dinas Ketenagakerjaan telah bekerja sama dengan Disnaker Provinsi Maluku Utara untuk laksanakan pelatihan secara gratis dalam waktu dekat,”jelasnya.

Selain itu, bagi para tenaga kerja yang belum memiliki Surat Ijin Operasional (SIO), agar dapat melaporkan diri dan berpartisipasi untuk tampil dalam kesempatan pelatihan yang nantinya dibuka, karena hal ini merupakan peluang besar untuk memiliki legalitas ijin yang jelas.

“Perlu diketahui juga bahwa Disnakertrans Halmahera Timur telah siap melakukan pelayanan kartu kuning secara online pada tahun 2022. Tujuannya untuk mempermudah para pencari kerja yang ada di Halmahera Timur,”tandasnya.(ono/red).

Peliput : M. Wahono Side
Editor  : Ridwan Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *