TNI di Halmahera Timur Manfaatkan Lahan Kosong untuk Menanam

Anggota Pos Ramil 5 Maba SSK I Satgas Halmahera Timur Saat Berada Di Lokasi Kebun. || Foto: (Ono/beritadetik.id)

Haltim, beritadetik.id – Sejumlah Anggota TNI di Halmahera Timur memanfaatkan lahan kosong dekat  Pos Satgas Maba untuk membudidayakan tanaman hortikultura.

Tanaman yang dibudidayakan meliputi, cabe, tomat, singkong, kangkung, bayam, bawang merah dan bawang putih.

Bacaan Lainnya

Komandan Pos (Danpos) Ramil 5 Maba, Letda Inf Bambang Wijanarko mengatakan, pemanfaatan lahan kosong ini untuk memberikan contoh kepada warga tentang pemanfaatan lahan tidur di pekarangan.

“Pos Ramil Maba ini kami mulai tempati m di bulan Oktober 2021 lalu. Seiring berjalannya waktu, kami akhirnya memutuskan untuk menggarapnya lalu menanam,”katanya.

Komandan Satgas Kodim Maluku Utara Yonif RK 732 Banau Letkol Inf Harriyanto Hendrik mengatakan, kegiatan menanam yang dilakukan sebagai upaya memupuk kemandirian prajurit di Pos.

Manfaat lain yang dirasakan yaitu akan mengurangi ketergantungan terhadap pangan dari luar.

“Kegiatan tersebut juga dimanfaatkan prajurit untuk sekaligus mensosialisasikan pada masyarakat upaya menciptakan lahan produktif, “terang Harriyanto

Tambahnya, hasil dari pada perkebunan tersebut akan dikonsumsi sendiri dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar.

Letda Inf Ryan P. Egissa ikut menuturkan hal tersebut sangat diapresiasi masyarakat dan beberapa kelompok tani yang berada di seputaran Kota Maba.

“Dengan upaya yang dilakukan Anggota Pos saat ini, sebagaimana, seperti Serda Hendro Aristo Latarisa yang telah bekerja keras itu akhirnya terbukti terlihat subur dan buahnya sangat berkualitas saat di panen, “tutup Ryan.(ono/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.