Kembali Programkan Bangun Jalan, Sukardinan : Bukti AMR Membangun

  • Whatsapp

SUKARDINAN BUDAYA

TALIABU_beritadetik.id – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pulau Taliabu Sukardinan Budaya mengapresiasi langkah Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang kembali mengalokasikan anggaran Rp 25 miliar untuk pembangunan jalan di wiilayah Taliabu pada 2021 mendatang.

“Pengalokasian anggaran untuk kelanjutan pembangunan jalan di Taliabu lewat pagu anggaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bukti Pemda punya komitmen dan perhatian yang tinggi dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah ini,”kata Sukardinan yang juga Ketua Komisi I DPRD Pulau Taliabu itu.

Ia mengatakan, langkah yang diambil oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam sisah masa akhir periode pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati devenitif Aliong Mus-Ramli (AMR) saat ini adalah langkah yang sangat tepat dan pantas diberikan dukungan serta apresiasi. “Saya sebagai anggota DPRD dan juga Pimpinan Pengurus Partai PKB Taliabu menyambut baik langkah TAPD tersebut,”jelasnya.

Dia bilang, dengan keterbatasan postur APBD Taliabu yang tidak bisa menjawab semua tuntutan dan keinginan masyarakat yang cukup beragam dalam empat tahun terkahir, langkah satu-satunya adalah dengan melakukan realokasi anggaran secara bertahap terhadap setiap program yang menjadi prioritas.

Lebih lanjut Sukardinan yang juga Sekretaris Tim Pemenangan Aliong-Ramli menjelaskan, Kabupaten Pulau Taliabu ini fondasi pembangunannya baru diletakkan sejak bupati devenitif pertama Aliong Mus-Ramli pada 2016 lalu. Dan pada tahun itu juga mereka baru dilantik sebagai kepala daerah pertama pasca Taliabu dimekar.

“Sebagai daerah otonomi baru saat itu, tentut tercatat hampir satu tahun dalam pemerintahan mereka masuk dalam masa transisi guna mereka menyiapkan banyak hal yang berkaitan dengan urusan pemerintahan Taliabu ketika itu,”terangnya. Lanjut Dinan, dari fakta perjalanan pemerintahan yang masih cukup singkat ini tentu sangat tidak mungkin untuk merealisasikan apa yang menjadi tuntutan dan keinginan masyarakat disemua sektor pelayanan dasar publik hari ini wilayah Taliabu.

“Aliong Mus – Ramli punya semangat membangun yang tinggi, mereka hanya butuh waktu satu periode lagi untuk menutaskan apa yang menjadi keinginan dan cita – cita masyarakat Taliabu hari ini.  publik harus rasional serta realistis, agar tidak sepihak memvonis kegagalan pemerintah ini tanpa dasar dan argumentasi yang sehat,”katanya.       

Sembari membandingkan, Taliabu dan Pulau Makian yang nota bene rentang kendali dan akses berdekatan dengan pusat Ibu Kota Provinsi Maluku Utara (Malut), serta didukung dengan putra-putra terbaik mereka menjadi Gubernur seperti Thaib Armayn yang tercatat dalam sejarah dua periode memimpin Maluku Utara serta KH. Abdul Gani Kasuba yang dalam dua periode menjadi Gubernur saat ini, namun aksesbilitas jalan darat lingkar Pulau Makian juga belum terjawab, jangankan jalan lingkar Pulau makian, akses jalan antar desa dari desa ke desa di sejumlah Desa di wilayah itu juga tidak tersambung, begitu juga dengan akses jaringan telekomunikasi juga masih sangat sulit dijangkau dari beberapa desa di wilayah pulau tersebut.        

Dari fakta perbandingan antar daerah ini, maka publik harus realistis dan tidak sepihak memvonis pemerintahan AMR. “AMR harus dua periode agar keinginan dan tuntutan pembangunan yang diinginkan masyarakat Taliabu dapat dituntaskan,”tutup Dinan.(one). 

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *