Pemda Halmahera Barat Tinjau Langsung 3 Rumah Warga yang Terdampak Abrasi

Pemda Halmahera Barat Saat Meninjau 3 Rumah yang Terdampak Abrasi di Desa Tauro, Kecamatan Jailolo, Senin, (10/04/2023). (Nia/Beritadetik.id).

Beritadetik.id – Bupati Halmahera Barat James Uang bersama Wakil Bupati Jufri Muhamad, meninjau tiga rumah milik warga yang terdampak abrasi di Desa Tauro, Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara.

Dalam agenda itu pihaknya didampingi langsung oleh Kepala Dinas DPMD Halbar Soni Balatjai, anggota DPRD Fraksi Nasdem Sarlin Antu, serta pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di daerah setempat.

Bupati James Uang saat di lokasi menyarankan agar tiga rumah milik warga yang terdampak abrasi sebaiknya di pindahkan.

Bacaan Lainnya

“Sekalipun bangun talut tapi lama kelamaan juga akan terulang seperti ini. Jadi untuk jangka panjang sebaiknya direlokasi,”kata James kepada sejumlah awak media, Senin (10/4/2023).

Dikatakan Pemerintah Daerah Halmahera Barat bakal memberikan bantuan pembangunan rumah melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) dengan besaran anggaran Rp.20 juta per KK.

“Anggaran bantuan rumah juga bisa disiasati pakai anggaran dari Dana Desa asalkan ada kebijakan dari kepala Desa. Kalau bisa ditambah minimal 10 juta biar bisa bangun rumah yang lebih layak untuk mereka,”ucapnya.

Dalam kesempatan Itu, Kepala Dinas DPMD Halbar Soni Balatjai juga menambahkan bahwa Desa bisa menganggarkan sesuai kebijakan dan peraturan yang berlaku.

“Untuk menangani bencana di desa itu dapat dianggarkam sesuai keputusan musdes yg berpedoman pada permendagri no 20 tahun 2018, sedangkan untuk membiayai rumah tidak layak huni minimal 10 juta sebagaimana yang diatur dalam permendes no 8 tahun 2022 tentang prioritas dana desa,”pungkasnya.

Sementara itu salah satu pemilik rumah terdampak abrasi, Bahdur Rasid menyepakati saran Bupati James Uang.

Akan tetapi kata Bahdur, pembangunan talut juga harus disegerakan agar abrasi tidak mengancam sejumlah rumah warga lainnya di RT 02 itu.

“Jika tidak, maka yang lain juga akan mengalami hal yang sama, karena ombak terus mengikis pesisir pantai,”sambungnya.

Sekadar diketahui, Bupati James Uang dan Wakil Bupati Jufri Muhamad juga memberikan bantuan berupa bahan makanan pokok kepada 7 Kepala Keluarga.

Diantaranya 3 KK yang rumahnya terdampak abrasi serta 4 lainnya yang juga terdampak angin kencang dengan kerusakan ringan.

Penulis: Rusnia Dale
Editor: Tim Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *