Bangun Negeri 1 Data, BPS Halmahera Timur Akan Lakukan Regsosek

Rapat koordinasi Antara Pemerintah Daerah Halmhahera Timur, Bahas Soal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), Rabu, 21/09/2022). (Ono/Beritadetik.id).

HALTIM, Beritadetik.id – Pemerintah Daerah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Halmahera Timur, melakukan rapat koordinasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, Rabu, (21/09/2022).

Assisten I Nasrun konoras mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka mencatat semua data-data sosial untuk membangun negeri satu data sebagaimana program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

“Rapat koordinasi yang dilakukan statistik ini tujuannya adalah menuju ke satu data Indonesia. Selama ini kan di masing-masing kementerian memiliki data, untuk disemua BPS Daerah juga harus demikian, “ucap dia kepada Wartawan.

Bacaan Lainnya

Karena itu lanjutnya, pihaknya bergerak akan berdasarkan hukum Kementerian, sehingga dasar hukum Kementerian tersebut menampung data-data Regsosek yang nantinya dinamakan sebagai satu data itu.

“Dan data ini semua bisa dipakai, seperti di Desa, Kecamatan, Daerah sampai ke tingkat Pusat Kementerian terkait, “sambung Nasrun.

BPS Halmahera Timur akan turun langsung melakukan pendataan di 10 Kecamatan sampai ke Desa di daerah setempat.

“BPS Haltim akan lakukan data statistik ke Desa sampai Kecamatan ini betul-betul untuk melakukan pendataan yang akurat dan akuntabel agar bisa dipakai lembaga Kementrian, “katanya.

Ini diperkuat karena disatu sisi merupakan tindaklanjut dari Presiden Jokowi Widodo pada saat dirinya berpidato Kenegaraan pada tanggal 17 Agustus 2022 pekan lalu.

“Pidato itu tentunya diarahkan kepada BPS. Dalam hal ini untuk menangani Pendataan awal Registrasi Sosial ekonomi (Regsosek) tahun 2022 ini, “pungkas Nasrun.

Sekedar diketahui, rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah ini dihadiri oleh sejumlah Pimpinan OPD dan unsur Forkompinda Kepala Badan Statistik, Wakil Ketua DPRD, Danramil 03/Kota Maba, ditambah 10 Camat Kabupaten Halmahera Timur. (ono/red).

 

Peliput: Wahono Muthalib

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *