Tiga Jurnalis Beritadetik.id Tuntas Ikut UKW di Ternate

Tiga Jurnalis beritadetik.id usai mengikuti Uji Kompetensi Wartawan di Ternate.
Tiga Jurnalis beritadetik.id usai mengikuti Uji Kompetensi Wartawan di Ternate.

Ternate, beritadetik.id – Tiga jurnalis beritadetik.id dari Biro Pulau Morotai, Halmahera Barat dan Halmahera Utara, tuntas mengikuti Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan Dewan Pers (DP) di Ternate, Maluku Utara.

Kegiatan yang diikuti 54 wartawan dari utusan berbagai media di Maluku Utara itu berlangsung di Sahid Bella Ternate, Selasa 26 Juli hingga Rabu 27 Juli 2022.

Anggota Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama dari UKW adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, profesionalisme jurnalis jelas di atur dalam pasal 3 Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Semakin mudah warga mendapat informasi dan kian tinggi pendidikan masyarakat, maka insan pers pun dituntut menyajikan karya yang berkualitas,”ujarnya.

Atmaji menekan peningkatan kualitas insan pers atau perusahaan pers menjadi salah satu perhatian utama Dewan Pers.

“Profesional pers ini adalah perwujudan dan pertangung jawaban terhadap kemerdekaan pers, Pasal 15 Undang-undang Pers itu sendiri,”jelasnya

Diketahui dalam kegiatan itu sendiri, para penguji yang dihadirkan dari Dewan Pers menekankan kepada para peserta UKW agar selalu mentaati kode etik jurnalis ketika bertugas di lapangan.

“Uji Kompetensi ini sangat penting bagi wartawan. Tujuannya agar para jurnalis dalam menjalankan tugas selalu berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ),”ujar penguji Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS), Ahmad Djauhar.

“Dalam kegiatan ini kami dari Lembaga Pers Dr Soetomo juga sekaligus menyerahkan Piagam penghargaan kepada 12 peserta yang tercatat sebagai peserta LPDS pada UKW di Ternate saat ini,”tandasnya.

Sekedar diketahui dalam kegiatan ini, redaksi beritadetik.id mengikut sertakan 3 wartawannya dalam pelaksanaan UKW tersebut.

Tiga wartawan itu masing-masing Biro Halmahera Utara Fransisko Mandalika dan Bahrul Kurung dari Biro Pulau Morotai sebagai peserta LPDS, sementara Biro Halmahera Barat Hasbi Salasa tercatat dalam peserta UKW dari LSPR.(ul/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *