Terjepit dengan Pegunungan Curam, Inilah Kota Tersempit di Dunia

  • Whatsapp
Kota tersempit di dunia.|| Foto : (Istimewa).

Berlokasi di sepanjang Sungai Nanxi, di antara pegunungan curam Provinsi Yunnan China, daerah Yanjin County dianggap sebagai kota tersempit dunia.

Melihat Yanjin dari atas, mungkin sulit untuk percaya kota semacam itu benar-benar ada dalam kehidupan nyata.

Bacaan Lainnya

Hamparan sempit tanah berada di antara perairan Sungai Nanxi dan gunung-gunung yang curam di kedua sisi tampak menjadi lokasi tinggal sekitar 450.000 penduduk. Namun itulah yang membuat Yanjin begitu istimewa.

Bahkan pada titik tersempitnya, melansir Oddity Central, Yanjin hanya selebar 30 meter. Sedangkan bagian terluas dari kota tersebut berukuran sekitar 300 meter.

Meski kota ini memiliki satu jalan utama di setiap sisinya, nggak banyak jembatan yang menghubungkan keduanya.

Terlepas dari luas kota yang sangat sempit ini, Yanjin memiliki hal unik yang mungkin nggak dimiliki kota lain.

Mengingat tanah adalah komoditas yang sangat berharga di daerah tersebut, banyak bangunan apartemen berada tepat di tepi sungai dan dibangun di atas pilar tipis untuk melindungi mereka dari banjir, seandainya permukaan air naik.

Dalam beberapa tahun terakhir, rekaman via drone kota Yanjin telah viral di media sosial China dan membuat membuat orang bertanya tanya kenapa ada penduduk yang rela tinggal di tempat semacam itu.

Namun faktanya, daerah ini telah dihuni selama ratusan tahun, dan banyak penduduk setempat nggak mau untuk pindah ke tempat lain.

Sayangnya, sementara lokasi kota ini bikin orang takjub, infrastruktur semacam ini disebut membuat pembangunan ekonomi Yanjin justru terhambat.

Dikelilingi oleh pegunungan di semua sisi, dan dengan hanya satu jalan utama yang melewati kota, kota Yanjin dianggap nggak dapat diakses oleh banyak orang.

Wah, kayaknya tingga di kota Yanjin ngeri-ngeri sedap ya, guys. (*)

 

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *