14 Jam Bertahan di Rumpon, Dua Nelayan di Halmahera Tengah Ditemukan, Begini Kondisinya

Dua nelayan hilang asal Nurweda Halmahera Tengah, yakni Zaid dan Abdul Kadir saat ditemukan.(Foto : Basarnas Ternate).
Dua nelayan hilang asal Nurweda Halmahera Tengah, yakni Zaid dan Abdul Kadir saat ditemukan.(Foto : Basarnas Ternate).

Beritadetik.id – Dua Nelayan di Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara yang tenggelam dan dinyatakan hilang akhirnya ditemukan.

Dua korban ditemukan yakni Said Sampulawah (23) Desa Larike Kecamatan Laituh Barat kabupaten Maluku dan Hamid Salamah (47) kelurahan Topo Tidore Kepulauan (Tikep).

Keduanya ditemukan pada Senin (3/4/2023) sekira pukul 01.00 WIT dini hari oleh tough boat milik PT. IWIP yang membantu Operasi SAR.

Bacaan Lainnya

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman lewat rilis yang diterima beritadetik.id menyebutkan informasi dua nelayan itu diterima saat Tim Rescue Ternate menuju ke Halmahera Tengah.

“Tim Rescue Ternate mendapatkan Informasi dari BPBD Halteng sekira pukul 01.40 WIT, bahwa kedua korban telah ditemukan dengan selamat,”ucap Fathur.

Dari laporkan yang diterima Basarnas bahwa kedua nelayan tersebut ditemukan saat mereka berlindung di rumpon di Arah Tenggara LKP Radian 145.30°.

Setelah ditemukan, kedua korban dievakuasi menuju Weda, Ibu Kota Kabupaten Halmahera Tengah untuk mendapatkan perawatan dan di kembalikan ke pihak keluarga.

Sebelumnya tiga orang nelayan di Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara ini dilaporkan tenggelam akibat dihantam gelombang tinggi, Minggu (2/4/2023).

Kejadian ini mengakibatkan dua orang sempat  dinyatakan hilang, sementara satu korban bernama Zainuddin berhasil selamat lebih dulu sebelum proses pencarian dilakukan.

Sekedar diketahui bahwa ketiga nelayan tersebut keluar untuk memancing di perairan Weda kurang lebih 3 NM arah timur.

Akan tetapi belum sampai pada tempat memancing mereka diterjang ombak hingga tenggelam.(red).

Penulis : Tim
Editor   : Ridho Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *