Wali Kota Ternate Minta Rute Kapal Dialihkan ke Pelabuhan Dufa-dufa

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman
Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman

Beritadetik.id – Walikota Ternate M Tauhid Soleman meresmikan Ruang Tunggu Terminal dan Ruang Tunggu Pelabuhan Mudaffar Syah II di Kelurahan Dufa-dufa Kota Ternate Utara, pada Rabu 4 Januari 2022.

Ruang Tunggu Terminal dan Pelabuhan dufa-dufa ini adalah upaya Pemerintah untuk membagi rata pendapatan ekonomi masyarakat,”kata M Tauhid Soleman.

Ia menyarankan, pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, agar dapat menambah operasional untuk bongkar muat dan lambat labu serta penyebaran laut di beberapa wilayah dialihkan ke Pelabuhan Dufa-dufa

Bacaan Lainnya

“Saya sudah sampaikan ke KSOP Ternate Alexander Selleng Allokendek agar semua kapal penyebrangan laut lakukan bongkar muat di Pelabuhan dufa-dufa bukan lagi di pelabuhan Ahmad Dhani.”ujarnya.

Tak hanya itu, Pemkot Ternate juga berupaya , agar dikaji secara teknis fasilitas penunjang Pelabuhan seperti ini bisa ada kapal yang berukuran besar dapat berlabuh di pelabuhan Dufa-dufa.

Sementara Sekertaris Dishub Kota Ternate, Mochtar Hasyim mengatakan, pembangunan revitalisasi Ruang Tunggu Pelabuhan Mudaffar Sjah II ini untuk mempermudah transportasi masyarakat.

“Kami melaksanakan proses pembangunannya mulai dari tanggal 15 Juli 2022 selama 120 hari kalender kini telah rampung,”ujarnya.

Diketahui, dua Ruang Tunggu Terminal yang di bangun itu menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 2,6 Miliar.

Kemudian item pekerjaan lainnya meliputi penerangan dermaga, pemasangan Soler Sel Otomatis di 5 titik, pemasangan Pinder dermaga sebanyak 7 unit dan pengaspalan jalan untuk terminal Dufa Dufa.

Selain itu, adapun rehabilitasi gedung terminal Ruang Tunggu dan Kantor item pekerjaan ini seluruhnya telah selesai sebagaimana dalam kontrak dengan pemenang tender.

Lanjut Tauhid menurutnya, peresmian terminal Dufa-Dufa dan dermaga ini merupakan salah satu dermaga yang bisa menghubungkan semua Kabupaten dengan Kota Ternate. Sehingga bisa meningkatkan sektor perekonomian pada transportasi laut.

“Terminal ini akan dijadikan sentral pengembangan potensi ekonomi masyarakat Kota Ternate lebih khusus masyarakat yang ada di Kelurahan Dufa Dufa,”jelasnya.

Dikatakan, melalui sektor perhubungan laut, ini ada juga visi Ternate mandiri dan berkeadilan yang dapat merealisasi. (red).

Penulis : Alfian Hatari

Editor  : M. Bahrul Kurung

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *