Selain Sumbang PAD, Harita Nickel Bantu Pemkab Halmahera Selatan Kurangi Kemiskinan

Aktivitas Perusahaan Tambang, PT. Harita Nickel di Pulau Obi, Halmahera Selatan.(istimewa).
Aktivitas Perusahaan Tambang, PT. Harita Nickel di Pulau Obi, Halmahera Selatan.(istimewa).

Beritadetik.id – PT Harita Nickel tercatat menyumbang PAD terbesar khususnya di sektor ketenaga kerjaan untuk Kabupaten Halmahera Selatan.

Kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Halmahera Selatan ini bersumber dari perizinan tenaga kerja.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemkab Halmahera Selatan, Ardiani Radjiloen, Sabtu (29/10) pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Dia menyebutkan PAD per 21 Oktober 2022 kemarin di Pemkab Halsel sudah melebihi target dan kontribusi terbesar dari Harita.

“Saya berharap kontribusi ini semakin meningkat ke depannya,”ucap Ardiani saat kunjungan kerja di PT Harita Nickel, Sabtu pekan lalu.

Melalui unit bisnis, lanjut dia, PT Halmahera Jaya Feronikel (PT HJF) menyerahkan laporan kegiatan roadshow rekrutmen tenaga kerja lokal kepada Kadisnaker.

Penyerahan secara simbolis laporan kegiatan dilakukan oleh HRGA Superintendent Agung Aribowo, sekaligus mewakili manajemen Harita Nickel.

Seperti diketahui, roadshow rekrutmen yang bertujuan untuk menyerap dan merekrut lebih banyak tenaga kerja lokal.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 5 hingga 11 Oktober 2022 di Desa Laiwui, Kecamatan Obi dan Kota Labuha, Halmahera Selatan.

Melalui kerjasama dengan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halmahera Selatan, tercatat hingga September 2022 PT HJF berhasil merekrut 1.200 karyawan.

Selanjutnya pihak Harita kembali menargetkan untuk merekrut tambahan 600 tenaga kerja hingga akhir tahun.

“Dengan jumlah tersebut, pada tahun ini saja akan mencapai 1.800 serapan tenaga kerja baik skilled maupun non-skilled,”jelasnya.

Dia menjelaskan tenaga kerja yang direkrut dipastikan benar-benar berasal dari Pulau Obi dan wilayah Halmahera Selatan.

“Dalam hal ini PT HJF melihat KTP para pelamar dan rekomendasi dari pemerintah desa setempat,” sambungnya.

“Untuk kesekian kalinya, saya kembali mengucapkan terima kasih kepada PT HJF,”ucap Kadis.

Lebih lanjut Kadisnaker menyatakan, dinas akan selalu membuka ruang untuk bekerja sama.

“Pada intinya, pemerintah daerah dan perusahaan bekerja sesuai aturan, sehingga kedua belah pihak mampu saling mengisi dan bersinergi,”kata Ardiani.

Sembari menambahkan bahwa apa yang dilakukan Harita sangat mendukung Pemkab Halsel untuk mengurangi pengangguran dan menekan angka kemiskinan.

Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas menyatakan kontribusi Harita Nickel untuk PAD Halsel, selaras dengan visi perusahaan.

Hal tersebut untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pemegang saham, pemangku kepentingan, dan bangsa.

“Kami tentunya bertekad untuk memberikan kontribusi yang berkelanjutan khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional,”kata Stevi.

Kegiatan roadshow rekrutmen ini pun merupakan bagian dari komitmen Harita Nickel dalam mengutamakan penyerapan tenaga kerja lokal.**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *