Tanamkan Cita-cita Sejak Kecil untuk Menjadi Pemimpin, Begini Kiprah Perjalanan Karir Aliong Mus

  • Whatsapp

“Politik bagi saya adalah Rakyat yang tercerdaskan, mandiri dan dapat menikmati hidup tanpa ada intimidasi kebijakan ataupun lainnya. Semangat ini yang menjadi moto dalam hidup saya di dunia politik saat ini,”

Aliong Mus

Hi. Aliong Mus , Lahir di Desa Gela, Kabupaten Pulau Taliabu, 3 Oktober 1977. Sejak kecil hingga duduk di bangku pendidikan, keuletan dan tekad serta cita-citanya untuk menjadi pemimpin sudah tertancap dalam diri sosok figur yang satu ini.

Aliong sendiri lulus di SD Negeri Bobong pada 1988 silam. Ia kemudian melanjutkan sekolah di SMP Negeri Bobong dan tamat pada tahun 1994. Untuk SMA, Aliong Mus awalnya masuk di SMA Negeri 2 Kota Ternate, namun satu dan lain hal, dia (Aliong,red) pindah dan lulus di SMA Negeri 9 Semarang.

Aliong juga tercatat melanjutkan studi di Institut Teknologi Pembangunan Surabaya (ITPS) hingga selesai/lulus 2004.

Kiprah perjuangan Aliong di dunia politik khususnya di Partai Golkar, berhasil mengantarnya menjadi Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara periode 2009-2014, selanjutnya menjadi Ketua DPRD Pulau Taliabu periode 2014-2015, dan menjadi Bupati dua periode di Kabupaten Pulau Taliabu saat ini.

Niat dan cita – citanya untuk menjadi seorang pemimpin, membuat dirinya ikut masuk bergabung sebagai Anggota KAHMI Maluku Utara (Malut).

Tidak sampai di situ, Aliong ikut masuk juga sebagai Anggota KNPI Provinsi Malut sampai pada akhirnya terjun masuk sebagai pengurus di Partai Golkar.

Jabatan pertama di partai Golkar, yaitu sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Pulau Morotai, selanjutnya menjadi Bendahara DPD I Partai Golkar Provinsi Malut. Dan jabatan sekarang sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Pulau Taliabu.

Aliong Mus sendiri dipiliih bersama Ramli sebagai bupati definitif pertama di Kabupaten Pulau Taliabu periode 2015/2020 dan masa tugasnya ditetapkan berkahir pada Minggu kedua bulan Februari 2021 atau tepatnya tanggal 17 bulan depan.

Meski begitu, Pada pilkada serentak 2020 lalu, Paslon petahana dibawah kendali Partai Golkar ini kembali berhasil ‘mencuri’ hati rakyat di wilayah setempat dan akhirnya diumumkan KPU, Paslon AMR keluar sebagai pemenang, mengalahkan penantangnya MS-SM yang diusung PDI-Perjuangan beserta beberapa partai koalisi lainya di Pilkada tersebut.

“Politik bagi saya adalah Rakyat yang tercerdaskan, mandiri dan dapat menikmati hidup tanpa ada intimidasi kebijakan ataupun lainnya. Semangat ini yang menjadi moto dalam hidup saya di dunia politik saat ini,”ucap Aliong.

Mampu Meraih Hati Rakyat, sekaligus Taklukan Hati Sang Artis

Bupati Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Maluku Utara (Malut), Aliong Mus ternyata tak hanya mampu mencuri hati rakyat di Taliabu untuk memilihnya untuk menjadi bupati. Saudara sekandung Ahmad Hidaya Mus (AHM) ini diketahui pada 2019 lalu mengakhiri masa kesendiriannya dengan persunting Zahra Yolanda Ajzira, gadis asal Kota Tangerang Selatan. Acara pernikahan mereka yang begitu megah digelar di Novotel Tangerang Selatan pada 5 Agustus 2019 saat itu.

Kebersamaan terus dirajut. Pada Pilkada lalu, Istri sang bupati Taliabu itu nyaris tak ketinggalan mendampingi Aliong pada setiap kampanye Pilkada kemarin. Bahkan setiap sesi kampanye dilaksanakan, ibu satu anak itu kerap ikut berdiri mengambil kendali panggung dan mengajak warga untuk memilih suaminya (Aliong,red) pada Pilkada itu.(*).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *