70 Poktan Binaan Thamrin Marsaoly Dapat Bantuan dari Pemprov Malut

Beritadetik.id – Dinas Pertanian Provinsi Maluku memberikan bantuan Sebanyak 70 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di tiga Kecamatan di Kota Ternate.

Bantuan tersebut diserahkan Sekda Provinsi Maluku Utara Samsudin A Kadir dan diterima Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman didampingi Kadis Pertanian Ternate, Thamrin Marsaoly, bertempat di Kelurahan Sulamadaha, Ternate, Minggu (10/12/2023).

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan, meskipun Kota Ternate merupakan Kota Jasa. Namun bantuan ini sangat membantu para petani di Kota Ternate saat ini.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya Pemkot Ternate melakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Halmahera Timur, dan Sulawesi Utara dan saat ini KAD bersama dengan Bima.

“Kerja sama ini dilakukan karena tidak mampu memenuhi kebutuhan kita, sehingga ada kepastian baran yang bisa kita beli untuk kebutuhan kita,” kata Tauhid.

Tauhid berharap, bantuan yang diberikan ini, dengan harapan agar para petani lebih fokus bertanam, sehingga ke depan Kota Ternate tidak lagi bergantung kebutuhan komoditas pada daerah-daerah lain.

“Pada tahun-tahun mendatang, lebih banyak bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara untuk para petani di Kota Ternate, karena jika produksi pertanian bagus, akan berdampak pada ekonomi masyarakat terutama petani,” ucapnya.

Gubernur Maluku Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Syamsudin A. Kadir memberikan motivasi bagi para petani di Kota Ternate.

“Teruslah menanam, karena petani adalah pahlawan, para petani yang memberi manfaat bagi banyak orang,” kata Sekprov.

Lanjut Sekprov, bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi-produksi petani di maluku utara, termasuk di kota ternate.

“Ayo menanam, karena profesi petani itu adalah pahlawan, karena banyak memberi makan bagi masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Thamrin Marsaoly mengatakan kegiatan Gerakan Panen Komoditas Tomat dan Penyerahan Bantuan Hortikultura hasil bantuan Pemprov Malut tersebut.

Penyerahan bantuan itu mengusung tema,”Mendukung Upaya Konkrit Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Daerah di Maluku Utara.

Dia menjelaskan, bantuan yang diterima berupa cultivator 4 unit, mulsa 113 rol, hand sprayer 10 unit dan pupuk 100 picis, argo 6 unit, benih cabe 725 sachet, benih tomat 275 sachet dan viar 4 unit.

“Kita berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga ke depan para petani bisa lebih baik, paling tidak bisa mendukung para petani,” pungkasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *