PLN UP3 Masohi Gelar Program Kampus Pelayanan Teknik

Manager UP3 Masohi memberikan briefing kepada petugas sebelum melaksanakan materi praktek
Manager UP3 Masohi memberikan briefing kepada petugas sebelum melaksanakan materi praktek

Beritadetik.id – PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Masohi menggelar program Kampus Pelayanan Teknik (Yantek) selama sebulan, yakni dari September hingga Oktober 2023.

Kampus Yantek ini merupakan kedua kalinya yang digelar UP3 Masohi bagi petugas Yantek yang tersebar di 5 Unit Layanan Pelanggan (ULP), yakni; Piru, Kairatu, Masohi, Kobisonta dan Bula.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menuturkan, Kampus Yantek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta pemahaman petugas Yantek seputar Teknik Pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) dan Instruksi Kerja (IK), alat kerja dan alat ukur pada pekerjaan Yantek, serta budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, sekitar kurang lebih sebulan, petugas Yantek kami di UP3 Masohi sukses menjalani program refreshment dan upskilling melalui Kampus Yantek ini. Pelatihan ini sebagai penguatan bagi mereka dalam menjalani tugas, terutama di lapangan agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan kami,” tutur Awat, Selasa (24/10/2023).

Dia berharap, para petugas Yantek di 5 ULP ini dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari pelatih PLN yang kompeten di bidangnya selama pelatihan itu.

Sejalan dengan hal itu, Manager UP3 Masohi, Muhammad Ardian menyampaikan pentingnya penyegaran kembali petugas Yantek.

Meningkatkan kualitas pelayanan teknik PLN secara teori maupun praktek lapangan diperoleh melalui Kampus Yantek ini.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap para petugas mendapat penyegaran kembali pengetahuan yang sudah pernah didapat serta memahami dan menguasai teknik-teknik terbaru dalam pekerjaan mereka,” ujar Ardian.

Adapun materi yang diperoleh selama masa pelatihan terdiri dari Hearty Service, Refreshing OMYO, EAM Maximo, dan Implementasi Budaya K3.

Sedangkan untuk praktek lapangan petugas dibekali materi seperti; Pemeliharaan dan pengoperasian SUTR, Pemeliharaan dan pengoperasian SUTM, Pemeliharaan dan pengoperasian Gardu Distribusi, dan PS4.

Team Leader Operasi, Fitra Purnama Adi mengemukakan bahwa Yantek sebagai garda terdepan PLN selalu bersentuhan langsung dengan pelanggan.

Untuk itu mereka harus mampu melayani dengan kemampuan dan kompetensi terbaik.

“Harapan kami dengan adanya kampus yantek ini dapat meningkatkan softskill maupun hardskill dari seluruh petugas pelayanan teknik, sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan baik, tepat dan cepat, tanpa mengesampingkan pentingnya K3 di setiap pekerjaan. Sehingga pelayanan yang PLN berikan ini dapat menghasilkan respon yg positif juga dari masyarakat,” ucap Fitra.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *