Hasil Ukom Tuntas, Sekda Ternate Segera Berganti

Beritadetik.id – Uji Kompetensi (Ukom) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate tuntas digelar.

Uji Kompetensi (Ukom) Jabatan Eselon II untuk Sekretaris Daerah Kota Ternate akan diserahkan kepada Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman.

“Sebentar malam atau besok Panitia Seleksi (Pansel) akan menyerahkan hasilnya kepada Wali Kota Ternate,”kata Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly, Kamis (31/08/23).

Bacaan Lainnya

Samin menjelaskan hasil ukom untuk pergantian Sekda Jusuf Sunya ini akan disampaikan juga kepada KASN.

Samin mengatakan, standar penilaian dalam kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) telah dinilai dari sosio kultural, manajerial dan kompetensi termasuk penilaian kinerja yang dinilai langsung oleh atasan tertinggi yaitu Wali Kota Ternate, M. Tahuid Soleman.

“Jadi penilaiannya tentang kinerja Sekda selama tahun 2022, ditambah dengan penilaian kinerja perbaikan tahun 2023 semester pertama,” ucapnya.

Menurutnya, setiap tahun semua pegawai dibuatkan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) sebagai penilaian rapor, sehingga dari rapor itulah menjadi penilaian oleh atasan langsung.

Samin menegaskan, pelaksanaan ukom untuk pejabat pimpinan tinggi pratama sebagaimana diatur dalam pasal 142 atay 1-4 Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 Tentang Manajemen PNS

“Kalau misalnya ada informasi bahwa pelaksanaan ukom itu karena tidak ada rekomendasi KASN, itu salah. Karena ini perbaikan evaluasi kinerja Sekda tahun 2022, sehingga dilakukan ukom tanpa perlu ada rekomendasi. Jadi yang kita butuhkan adalah hasil dari ukom ini untuk ditampilkan kepada KASN,” pungkasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *