Kantor Bahasa Gelar Pelatihan Revitalisasi Bahasa Daerah Sahu di Halmahera Barat

Anjasmoro Wibowo
Anjasmoro Wibowo

Beritadetik.id – Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara menggelar pelatihan revitalisasi bahasa daerah Sahu di Kabupaten Halmahera Barat.

Kegiatan yang diagendalan berlangsung selama 4 hari di Hotel Karunia, Desa Jalan Baru, Kecamatan Jailolo dibuka Wakil Bupati Djufri Muhamad, Selasa (14/3/2023).

Ketua Panitia Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, Anjasmoro Wibowo menjelaskan tujuan kegiatan ini dengan upaya persiapan pemberian materi kepada siswa-siswi yang ada di sekolah maupun pada komunitas sanggar.

Bacaan Lainnya

“Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini, agar guru memiliki acuan pembelajaran di kelas,”jelasnya.

Anjas juga menyebutkan untuk peserta yang di undang yakni perwakilan Kesultanan Jailolo, ketua-ketua sanggar yang ada di Halbar, Serta guru-guru sekolah SD yang ada di kecamatan sahu dan sahu timur.

“Untuk di Kabupaten Halmahera Barat pada tahun ini kami baru perdana gunakan bahasa Sahu sebagai contoh revitalisasi bahasa daerah di Halbar,”ucap Anjas.

Dia bilang sebelumnya pihaknya telah melakukan kegiatan serupa juga di 4 Kabupaten/kota, yakni Ternate (Bahasa Ternate), Halmahera Utara (Bahasa Tobelo), Halmahera Selatan (Makian Timur), dan Kepulauan Sula (Bahasa Sula), “jelasnya.

Dirinya mengaku kegiatan ini di mulai pembelajarannya dari sekolah dan komunitas, karena pendidikan formal lebih mudah untuk sasaranya kepada generasi.(nia/red).

Penulis : Rusnia Dale

Editor   : Ridwan Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *