Bawaslu Maluku Utara Launching Desa Awasi DPT di Halmahera Tengah  

Ketua dan Anggota Bawaslu Maluku Maluku, Serta Sekabupaten/Kota, Sekda Halteng Foto Bersama Panwaslu Se-Kabupaten Halteng Usai Kegiatan, Sabtu, (11/03/2023). || Foto: (Istimewa).

Beritadetik.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara launching desa awasi DPT di Kabupaten Halmahera Tengah. Kegiatan ini untuk perkuat pengawasan pada tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilu 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Pandopo Falcilno Kota Weda, Ibukota Kabupaten Halmahera Tengah, Sabtu (11/3/2023), dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Malut Masita Nawawi Gani, serta Komisioner Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan Se Halmahera Tengah.

Ketua Bawaslu Provinsi Malut Masita Nawawi Gani dalam sambutannya mengatakan, Halmahera Tengah dipilih untuk dilakukan Launching Desa Awasi DPT Pemilu 2024 karena ada peningkatan penduduk.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini dipusatkan ke Weda karena jumlah pemilih saat ini yang ada dalam DP4 semakin meningkat, beda jauh dengan Pemilu pada tahun 2019 lalu, “ucapnya.

Disebutkan pemilu tahun 2019 DPT hanya terdapat 34.648, sementara ditahun ini berdasarkan DP4, pemilih mencapai 71.600 sekian lebih. “Terjadi kenaikan 102 persen,”ujarnya.

Dalam kegiatan Launching Desa Awasi DPT Pemilu 2024 ini, Bawaslu Provinsi Maluku Utara tetapkan tiga Desa yang menjadi lokus pengawasan DPT.

“Ada tiga Desa yang ditetapkan sebagai Desa Awasi DPT diantaranya Desa Were, Desa Fidi Jaya dan Desa Nurweda, “ungkap Masita.

Untuk itu lanjutnya, terkait tahapan Pemilu 2024 ini Bawaslu Provinsi atau jajaran Pengawas sampai ke tingkat Desa terus memperkuat pengawasan agar dapat terhindar dari kecurangan.

“Apalagi soal tahapan DPT yang memiliki tingginya kerawanan kecurangan itu. Belum lagi tahapan selanjutnya. Untuk itu terus dilakukan pengawasan aktif disetiap tahapan yang berjalan,”harapnya.

Sekedar diketahui, sebelum dilanjutkan kegiatan Launching Desa Awasi DPT Pemilu 2024, kegiatan ini ikut dirangkaikan dengan kegiatan jalan sehat di pusat Kota Weda.(*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *