Usai Apel Siaga Pengawasan, Panwaslu Patani Timur Gelar Sosialisasi Posko Kawal Hak Pilih di Sekolah

Foto Bersama Usai Sosialisasi, Kamis, 9 Maret 2023. || Foto (Istimewa).
Foto Bersama Usai Sosialisasi, Kamis, 9 Maret 2023. || Foto (Istimewa).

Beritadetik.id – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Patani Timur, Halmahera Tengah, lakukan apel siaga pengawasan pada tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih pada pemilu serentak Tahun 2024, Kamis, (09/3/2023).

Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Darmawan Jufri mengatakan, Apel siaga pengawasan ini dilakukan secara rutin per minggu untuk menyampaikan poin-poin penting terkait patroli pengawasan tersebut.

“Apel siaga pengawasan kawal hak pilih ini dilakukan berdasarkan surat instruksi Bawaslu nomor 4 tahun 2023,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Adapun poin-poin patroli pengawasan ini diantaranya Panwaslu Kecamatan melakukan supervisi/monitoring/pengawasan secara langsung.

Langkah ini rutin dilakukan dalam memastikan pemilih yang memenuhi syarat semua terdaftar dalam DPT, dan tidak memenuhi syarat harus di hapus dari DPT.

“Berkaitan dengan itu, maka patroli pengawasan tentunya kami mendatangi pemilih rentan seperti pemilih disabilitas, masyarakat yang tidak berdomisili sesuai dengan KTP, serta masyarakat yang telah meninggal dunia namun masih terdaftar ke dalam daftar pemilih,”jelasnya.

Dikatakan, setelah dilakukan apel siaga pengawasan, Panwaslu melanjutkan dengan agenda sosialisasi posko kawal hak pilih di SMK N 6 Halteng, bertempat di Desa Damuli, Kecamatan Patani Timur.

“Sosialisasi ini ditargetkan kepada pemilih pemula yang memenuhi syarat tapi belum terdaftar dalam daftar pemilih. Dan status sebagai pemilih pemula itu apabila sudah memiliki umur 17 tahun-21 Tahun,”pungkas Darmawan.

Untuk itu lanjutnya, jika pemilih pemula yang merasa sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam daftar pemilih segera laporkan ke posko kawal hak pilih yang bertempat di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Patani Timur.

“Kemudian, selain itu kami juga akan lakukan sosialisasi posko kawal hak pilih kepada masyarakat melalui forum warga, “tandasnya.(red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *